Rekomendasi

Sat Narkoba Solo Amankan Belasan Pengguna Narkoba

Selasa, 09 Juli 2019 : 16.00
Published by Hariankota
SOLO - Satuan narkotika dan obat-obatan (Sat Narkoba) Polresta Surakarta, mengamankan belasan pengguna narkoba berbagai jenis. Selain mengamankan para tersangka, Sat Narkoba juga mengamankan barang bukti berupa 6 gram narkoba jenis sabu, puluhan butir pil aprazolam.

Dari belasan pemakai narkoba ini, empat diantaranya merupakan residivis, masing-masing Andi Ferianto alias Peno (28) warga Mojosongo, Jebres, Adi Mustofa (28) warga Joyotakan, Serengan, Rio Valentino alias Rio (25) warga Danukusuman, Serengan dan Tri Warno alias Kebo (36) warga Jakarta Timur.

Untuk proses hukum lebih lanjut, para pelaku yang telah ditetapkan sebagai tersangka ini, diamankan di sel tahanan Mapolresta Surakarata dan dijerat dengan Pasal 112 dan 114 UU No 35 Tahun 2009 tentang penyalahgunaan narkotika, dengan acaman hukuman maksimal 12 tahun penjara.

Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ribut Hari Wibowo, kepada hariankota.com serta awak media lain, dalam siaran persnya, Selasa (09/07/2019) mengatakan, sebagian besar para tersangka ini merupakan pengguna narkoba yang diamankan dalam kurun waktu tiga pekan terakhir.

“Yang berehasil kita amankan ini, sebagian besar adalah para pengguna narkoba, dan sebagian lagi merupakan kurir. Penangkapan ini, merupakan salah satu bukti bahwa kami dari kepolisian tetap serius dalam memerangi narkoba,” kata Kapolresta.

Terpisah, Kasat Narkoba Polresta Solo, Kompol Sugiyo menyatakan, dalam melakukan proses transaksi narkoba, para pemakai menggunakan sistem rantai terputus, dimana antara penjual dan pembei tidak saling mengenal.

“Saat dilakukan penangkapan, maka kita kesulitan untuk mengejar penjualnya. Meski demikian, kami tetap berupaya keras memberantas peredaran narkotika ini di wilayah Surakarta,” tegasnya.

Disisi lain, Rio Valentino alias Rio (24), salah pengguna yang juga mantan residivis ini, mengaku telah lima kali diamanakan dalam kasus penggunaan narkoba. Warga Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, yang bekerja sebagai bartender di Boyolali ini, mengaku menggunakan narkoba untuk menjaga stamina.

“Ini untuk yang kelima kalinya saya ditangkap. Saya kapok mas. Saya menyesal,” ujarnya.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More