Rekomendasi

Selepas Subuh, Kloter 1 Calhaj Embarkasi Solo Terbang Ke Tanah Suci

Minggu, 07 Juli 2019 : 19.45
Published by Hariankota
BOYOLALI - Sebanyak 353 jamaah calon haji (calhaj) kloter 1 disertai 5 petugas pendamping diterbangkan dari Embarkasi Solo menggunakan pesawat Garuda Indonesia menuju Tanah Suci dari Bandara Adi Sumarmo, Boyolali, Minggu (7/7/2019), sekira pukul 05.35 WIB pagi.

Informasi yang diperoleh hariankota.com, semula dijadwalkan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo akan hadir dalam prosesi pelepasan di Gedung Muzdalifah, Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Namun gubernur urung hadir untuk melepas jamaah kloter 1 dari Kabupaten Sukoharjo ini.

Kehadiran orang nomor satu di Jateng tersebut diwakili oleh Sekda Provinsi Jateng, Sri Puryono didampingi Ka Kanwil Kemenag Provinsi Jateng Farhani, serta turut hadir Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya.

"Tahun ini jumlah jamaah yang akan diberangkatkan dari Embarkasi Solo lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan bertambahnya kuota jamaah haji dari Kerajaan Arab Saudi," terang Farhani yang juga Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, usai melepas keberangkatan jamaah kloter 1.

Bertambahnya kuota calhaj Embarkasi Solo itu disebutkan Farhani, untuk Jateng menjadi sebanyak 381, dan untuk DIY sebanyak 379 orang. Sehingga dari bertambahnya kuota tersebut jumlah jamaah calhaj yang akan diberangkatkan dari Embarkasi Solo sebanyak 34.177 orang.

"Dari Jateng sebanyak 30.610 dan 3.567 dari DIY. Selain itu ada 485 petugas kloter dan 278 TPHD. Sedangkan untuk jadwal pemberangkatan jamaah dari Embarkasi Solo terbagi dalam 97 kloter," terang Farhani.

Terpisah, Kasubag Humas dan Protokol PPIH Embarkasi Solo, Agus Widagdo menambahkan dari keseluruhan calhaj yang terbang dari Embarkasi Solo berdasarkan data yang masuk terdapat jamaah tertua atas nama Ahmad Toha dengan usia 98 tahun asal Kabupaten Temanggung.

"Sedangkan jamaah termuda yaitu atas nama Shinta Putri Yuliana, 18 tahun asal Kabupaten Magelang," ungkapnya.

Hari ini (Minggu-Red), seteleh kloter 1, Embarkasi Solo akan menerbangkan calhaj kloter 2 dari Kabupaten Sukoharjo pada pukul 14.40 WIB, Calhaj kloter 3 gabungan Kabupaten Sukoharjo dan Karanganyar pada pukul 17.00 WIB, dan terakhir menyusul pada pukul 23.45 WIB kloter 4 gabungan Kabupaten Wonogiri dan Sragen.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Jumali

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More