Rekomendasi

Solo Batik Carnival XII, Angkat Tema Suvarna Bhumi Golden of Asean

Sabtu, 27 Juli 2019 : 20.20
Published by Hariankota
SOLO - Berbeda dengan penyelenggaraan pada tahun - tahun sebelumnya, kegiatan budaya kirab Solo Batik Carnival (SBC) XII tahun ini dimeriahkan dengan tampilan karya busana representasi dari negara - negara ASEAN.

Seperti tahun sebelumnya, pada kirab SBC, Sabtu (27/7/2019) sore ini, masyarakat begitu antusias melihat lenggak - lenggok para peraga busana disepanjang rute yang dilewati, dari depan Stadion Sriwedari menyusuri jalan Slamet Riyadi hingga berakhir di jalan Jendral Sudirman.

Dalam kirab SBC XII ini ada 11 peraga busana meggenakan dresscode yang menunjukkan kemegahan-kemegahan kostum representasi dari 11 negara di Asia Tenggara.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo dalam kesempatan ini mengatakan, jika selama ini tema yang diangkat dalam SBC hanyalah tema lokal, maka dengan tema Suvarna Bhumi Golden of Asean, negara-negara yang yang diangkat temanya bisa tertarik dan mengundang SBC.

"Solo biar dikenal dunia, kalau dengar Solo pasti Indonesia dan Indonesia pasti Solo," jelas Rudy kepada hariankota.com dan awak media lain.

Sementara, Humas SBC Mumtahanna menyampaikan, SBC merupakan event tahunan yang diadakan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo. Arti tema dari Suvarna Bhumi The Golden of ASEAN adalah, negara emas dari ASEAN.

"Sehingga SBC ini dapat diibaratkan sebagai 'emas' yang dicari banyak orang, bisa menjadi daya tarik. Dalam kegiatan ini kami bekerjasama dengan negara-negara di Asia Tenggara (ASEAN)," jelasnya.

Kemegahan kostum yang dimiliki 11 Negara ASEAN yang ditampilkan dalam SBC, menurut Mumtahanna tanpa meninggalkan ciri khas batik Solo.

11 negara tersebut antara lain, Indonesia (Wonderful Indonesia), Filipina (Kay Ganda Philippines), Malaysia (Truly Asia), Thailand (Amazing Thailand), Singapura (Passion Made Possible), serta Myanmar (Be Anchented).

Kemudian disusul Brunai Darussalam (The Greean Heart of Borneo), Laos (Simply Beautiul Laos), Vietnam (Timeless Charm, Vietnam), Kamboja (Kingdom of Wonder Kambodia), dan Timor Leste (Being First Has Its Rewards).

Jurnalis : Sapto

Editor : Mahardika

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More