Rekomendasi

Tari Sandikala dan Sanjikara Pungkasi Festival Asia

Minggu, 14 Juli 2019 : 08.51
Published by Hariankota
festival asia 2019 di studio Mugi Dance, Krapyak, Kartasura ( foto Sapto Nugroho)
SUKOHARJO - Sebuah tari kolaborasi berjudul Sandikala dan Sanjikara menggambarkan masa transisi dunia maya ke dunia nyata menjadi sajian pamungkas Festival Asia 2019 yang diikuti peserta dari Indonesia, Philipina, Jepang dan Cina di studio Mugi Dance Krapyak, Pucangsawit, Kartasura, Sabtu (13/7/2019) malam.

Tari kolabarasi ini seperti penuturan penari kondang Mugiyono Kasido yang juga salah satu penarinya mewakili Indonesia, merupakan sebuah karya tari menyorot kehidupan saat ini diantara kecanduan gadget dan dunia nyata.

"Ini kolaborasi seniman dari tiga negara, Indonesia, Jepang dan Philipina dengan durasi 40 menit. Pesan yang ingin disampaikan mengenai tingkah polah para pengguna gadget yang mengalami transisi alam maya dan alam nyata," terang Mugi yang kerap berpentas di berbagai negara.

Sedikitnya ada 3 stage yang digunakan secara bergantian dalam kegiatan yang berlangsung di studio alam terbuka ini. Untuk menonton 10 sajian seni dalam acara ini, para penonton harus rela berpindah dari satu stage ke stage lainnya.

Pada kesempatan ini, puluhan anak – anak juga dilibatkan untuk meramaikan Festival Asia 2019. Mereka tampil membawakan sebuah tarian karya penari balet asal Jepang Shigemi Kitamura.

"Tarian ini menggambarkan perangai sekawanan burung, lincah dan ceria. Ada 20 anak yang terlibat tarian ini. Kita berlatih seminggu dan bisa mengkolaborasikan tarian Jepang dengan seni Indonesia," kata Shigemi.

Bahkan untuk mengiringi tarian yang diberi judiul Tori ini, Shugemi terlebih dulu memberi pelatihan khusus selama seminggu sebelum pentas. Ia membawa alat musik khusus dari Jepang untuk melengkapi gerakan tariannya yakni berupa sempritan Jepang.

"Kami ingin sampaikan pesan bahwa dalam berkesenian kita ada persamaan meskipun ada perbedaan budaya, bahasa, dan negara," tutupnya.

Jurnalis: Sapto Nugroho
Editor: Rahayu

Share this Article :