Rekomendasi

Truk Terguling, Komisi C DPRD DIY Sidak Pembangunan Jalan Kentungan, Ini Temuannya

Kamis, 25 Juli 2019 : 18.21
Published by Hariankota
YOGYAKARTA - Ada insiden tergulingnya truk dan mobil asal australia yang melintas di sekitar pembangunan underpass Kendungan, dua hari lalu. Insiden yang sempat viral itu membuat Komisi C DPRD DIY segera turun tangan.

Mereka melakukan pemantauan langsung di lapangan dengan menanyakan insiden itu bisa terjadi. Sidak ini juga sebagai bentuk pengawasan terhadap proyek yang ditangani oleh pemerintah pusat tersebut.

Anggota Komisi C DPRD DIY, Anton Prabu Semendawai menyampaikan beberapa catatan terkait pemantauan siang ini. Menurutnya ada kelalaian pekerja, kurang representatif rambu larangan dan petunjuk arah bagi pengguna jalan.

"Apa yang disampaikan tadi, ada sedikit (kelalaian) lah. Kenapa truk bermuatan bisa masuk (lewat), padahal tidak boleh, ya karena yang jaga hanya dua orang," katanya pada wartawan, Kamis (25/7/2019).

Kesalahan itu, menurut politisi Gerindra ini, harus segera dievaluasi agar tidak terjadi lagi. Salah satu yang meski dilakukan berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan.

Anton menyampaikan ada yang kurang dalam memasang rambu jalan. Menurutnya rambu yang ada kurang proporsional sehingga masyarakat pengguna jalan tidak memperhatian rambu-rambu jalan.

"Rambu-rambu sementara sangat kurang, terlihat juga pembuatannya asal, itu membuat orang tidak memperhatikan rambu jalan, padahal rambu itu sangat penting," tandasnya.

Sekretaris Komisi C DPRD DIY, Jimly Rusdi Sinaga menyampaikan bakal terus memantau proyek pembangunan jalan underpass di Kentungan ini. Tak hanya saat ini, tapi juga pengerjaannya hingga tuntas hingga tepat waktu sesuai target.

"Kita pantau dari waktu ke waktu hingga selesai, sesuai target waktu tahun ini bisa selesai. Harapannya, jalan itu nanti bisa mengurai kemacetan di sekitar perempatan Jalan Kaliurang ini," tandasnya.

Jurnalis: Danang Prabowo
Editor: Gunadi

Share this Article :