Rekomendasi

Dugaan Gratifikasi Alsintan Sragen, Reskrim Selidiki Dugaan Keterlibatan Pihak Lain

Jumat, 02 Agustus 2019 : 16.22
Published by Hariankota
Foto Istimewa
SRAGEN - Satuan reserse dan kriminal (Sat Reskrim) Polres Sragen, akan mengembangkan penyelidikan adanya keterlibatan pihak lain dalam kasus dugaan gratifikasi bantuan hibah alat mesin pertanian (Alsintan) yang saat ini terus bergulir dan telah menetapkan mantan Kasi Alsintan Dinas Pertanian dan tenaga harian lepas (THL) sebagai tersangka.

Keduanya saat ini ditahan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Sragen.

Kapolres Sragen, AKBP Yimmy Kurniawan melalui Kasat Reskrim AKP Harno, kepada hariankota.com, mengatakan setelah melimpahkan dua tersangka ke Kejari, Sat Reskrim akan mengembangkan penyelidikan.

“Apakah kasus ini kan berkembang, nanti saja. Yang jelas kita akan mengembangkan penyelidikan atasa kasus ini,” ujarnya, saat dihubungi hariankota.com, Jumat (02/08/2019).

Saat dikonfirmasi mengenai adanya informasi mengenai transfer sejumlah uang ke salah satu pengurus partai politik yang diduga masih ada kaitannya dengan dugaan aliran dana gratifikasi bantuan hibah Alsintan ini, Kasat reskrim, mengaku masih dilakukan penyelidikan.

"Tunggu saja perkembangan selanjutnya. Kita masih melakukan penyelidikan,” ujarnya singkat.

Informasi yang dihimpun hariankota.com, aliran bantuan Alsintan ke Sragen, sejak tahun 2014 hingga 2018 mencapai 1.700 unit. Dengan tarikan pungli antara Rp 5 juta hingga Rp 50 juta per mesin, diperkirakan total pungli yang terkumpul mencapai angka Rp 20-22 miliar.

Terpisah, Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Sragen, Agung Riyadi mengatakan akan melihat fakta-fakta persidangan. Ketika disinggung mengenai keterlibatan pihak lain dalam kasus ini, Kasi Pidsus mengaku masih menunggu dari penyidik Sat Reskrim Polres Sragen.

“Nanti kita lihat saja.Dari awal kasus ini kan ditangani Sat Reskrim Polres Sragen,” kata dia.

Jurnalis : Iwan Iswanda
Editor : Mahardika

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More