Rekomendasi

Helikopter BNPB Tiba di Malang untuk Pemadaman Gunung Arjuno

Jumat, 02 Agustus 2019 : 16.08
Published by Hariankota
MALANG - Helikopter milik BNPB yang rencananya untuk pemadaman api di Gunung Arjuno akhirnya tiba di Lapangan Udara (Lanud) Abdul Rachman Saleh, Malang pada Jumat siang (2/8/2019).

Helikopter jenis MI 8 ini terbang dari Palangkaraya, Kalimantan Tengah sekitar pukul 09.00 WIB dengan 7 orang crew. Helikopter sempat transit di Surabaya pada pukul 13.00 WIB, sebelum akhirnya tiba di Malang pukul 13.30 WIB.

"Memang helikopter sudah tiba di Malang," ujar Kepala Bidang Humas BNPB, Rita Rosita.

Sementara itu, Kepala UPT Taman Hutan Raya (Tahura) Wahyudi mengatakan siap untuk membantu BPBD bilamana diperlukan dalam pemadaman api di Gunung Arjuno.

"Kalau operasionalnya sepenuhnya di bawah BPBD, karena itu statusnya darurat. Termasuk nanti titik koordinat pendaratan helikopternya juga di BPBD," pungkasnya.

Sebagai informasi, BPBD Kota Batu telah menetapkan status tanggap darurat bencana kebakaran hutan Gunung Arjuno. Luasan hutan yang terbakar dan sulitnya medan menjadi pertimbangannya.

Oleh karena itu, BPBD Kota Batu telah meminta bantuan ke BPBD Provinsi Jawa Timur dan BNPB untuk pemadaman api di puncak Gunung Arjuno.

Jurnalis: Miadaada
Editor: Gunadi

Share this Article :