Rekomendasi

HUT Pramuka ke 58, Bupati Ingatkan Pentingnya Jaga Keutuhan NKRI

Rabu, 14 Agustus 2019 : 13.57
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Kegiatan Pramuka, merupakan salah satu tameng bangsa untuk menangkal paham radikalisme dan terorisme yang saat ini mulai mengancam keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia.

Hal tersebut dikatakan bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, kepada hariankota.com, usai menjadi inspektur upacara HUT Pramuka ke 58 yang berlangsung di halaman kantor Setda setempat, Rabu (14/08/2019).

Menurut bupati,gerakan Pramuka telah menjadi bagian dari kegiatan positif yang mampu menjadi penangkal gerakan radikalisme.

Untuk itu, bupati mengingatkan kepada seluruh generasi muda, untuk tetap menjunjung tinggi dan mengamalkan Pancasila sebagai dasar negara dan menjaga Kebhinnekaan ditengah perbedaan yang ada.

“Pramuka merupakan salah satu alat pembinaan bagi generasi muda. Gerakan Pramuka ini, bukan hanya menjadi penangkal radikalisme, Gerakan Pramuka juga bisa menjadi benteng generasi muda terhadap perilaku negatif seperti masalah penyalahgunaan narkoba, terorisme, pornografi, dan juga ujaran-ujaran kebencian,” kata bupati Rabu (14/08/2019).

Pembinaan berjenjang yang dilakukan dalam gerakan Pramuka, jelas bupati, memiliki mekanisme yang jelas serta tertata dengan baik dan menanamkan ideologi selalu menjunjung tinggi kecintaan terhadap NKRI, Pancasila dan selalu menjaga Kebhinnekaan.

“Pemahaman terhadap Pancasila, cinta NKRI dan selalu menjaga Kebhinnekaan, akan terus kita tanamkan kepada para generasi muda. Dengan demikian, paham radikalisme dan berbagai kegiatan lain, akan sulit masuk dan meracuni para generasi muda kita,” ujarnya.

Ditambahkannya, pemahaman dan pendalaman terhadap nilai-nilai Pancasila, cinta NKRI dan menjaga Kebhinnekaan ini, juga disampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat di Sukoharjo.

“Kita juga menggandeng MUI, tokoh agama, tokoh masyarakat yang ada untuk memberikan pemahaman akan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan,” tandasnya.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :