Rekomendasi

Jelang Akhir Masa Bahkti, Dewan Setujui dan Tetapkan Perubahan Anggaran

Kamis, 15 Agustus 2019 : 17.44
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Dua minggu menjelang berakhirnya masa bakti anggota DPRD Karanganyar periode 2014-2019, para wakil rakyat ini, mensahkan dan menetapkan perubahan anggaran yang diajukan pemerintah kabupaten (Pemkab) Karanganyar, melalui rapat paripurna, Kamis (15/08/2019).

Dalam rapat paripurna tersebut ditetapkan, jumlah pendapatan daerah yang semula sejumlah Rp2,15i8 triliun, setelah dievaluasi oleh gubernur, tidak mengalami perubahan. Demikian halnya dengan belanja daerah sejumlah Rp2.459 triliun, juga tidak mengalami perubahan.

Dari sektor pembiayaan, terjadi devisit anggaran. Pendapatan Rp2,158 triliun, sedangkan total belanja Rp2,459 triliun. Srtinya terdapat devisit anggaran sejumlah Rp301,485 miliar.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, dalam pandangan akhirnya,mengatakan, defisit anggaran ini akan ditutup dengan pembiayaan daerah yang terdiri dari penerimaan pembiayaan daerah sejumlah Rp311,485 miliar, serta penge;uaran pembiayaan daerah, sejumlah Rp10 miliar.

“Dengan ditetapkannya rancangan peratuuran daerah menjadi peraturan daerah, maka kami segera melaksanakannya.Terhadap berbagai saran, usul dan masukan dari anggota dewan, akan kami laksanakan secara bertahap,” kata bupati.

Sementara itu, ketua DPRD Karanganyar, Sumanto, kepada hariankota.com usai rapat pariurna, meminta kepada Pemkab Karanganyar segera melaksanakan apa yang telah ditetapkan, baik dalam APBD maupun dalam perubahan anggaran tahun 2019.

“Anggaran yang telah ditetapkan tersebut segera dilaksanakan. Sehingga sisa lebih penggunaan anggaran yang cukup besar bisa dimanfaaatkan untuk kepentingan masyarakat,” jelas Sumanto. Sumanto juga menilai, serapan anggaran hingga pertengahan tahun 2019, masih rendah.

“Serapan anggaran tahun ini masih rendah. Kami khawatir, penumpukan pekerjaan akan kembali terjadi di akhir tahun anggaran mendatang. Untuk itu, kami minta, seluruh proyek yang telah dianggarkan segera dilaksanakan,” tandasnya.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More