Rekomendasi

Kades Terjerat Kasus Hukum, Pemkab Tetapkan Sekdes Jadi Plt

Rabu, 28 Agustus 2019 : 17.08
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Bagian pemerintahan desa dan kelurahan Pemerintah kabupaten (Pemkab) Karanganyar, menetapkan Sekretaris desa sebagai pelaksana tugas (Plt) kepala desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso.

Penetapan Plt ini dilakukan menyusul, ditahannya Kepala desa Girimulyo, Suparno, yang terjerat persoalan hukum.

Kepala bagian (Kabag) pemerintahan desa dan kelurahan Pemkab Karanganayar, Timotius Suryadi, kepada hariankota.com serta awak media lain, disela-sela pelantikan anggota DPRD, Rabu (28/08/2019) mengatakan, penetapan Plt berdasarkan UU No 6 tahun 2014 tentang desa.

Menurut Timotius, penetapan Plt ini mulai berlaku sejak tanggal 27 Agustus 2019, hingga kasus yang menjerat kepala desa memiliki kakuatan hukum tetap.

“Agar palayanan kepada masayarakat terus berjalan, maka kita menunjuk dan menetapkan sekretaris desa, Noraniza Erlina Terra, sebagai Plt kepala desa Girimulyo,” kata Timotius.

Dijelaskan Timotius, dalam menjalankan tugas, Plt melaksanakan seluruh kewenangan pemerintahan desa, kecuali terkait dengan personil dan pengalihan aset.

“Dalam hal penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, termasuk pengelolaan sumberdaya keuangan, dapat dilakukan Plt, kecuali yang menyangkut personil dan pengalihan aset,” jelas Timotius.

Ditambahkannya, sejak terjadinya kasus dugaan penyimpangan dana desa dan PTSL yang menjerat kepala desa, pihaknya langsung turun ke lapangan dan memberikan pengarahan.

“Pemerintahan desa Girimulyo akan dipandu,sehingga berjalan sesuai dengan ketentuan,” tandasnya.

Sebagaiamana diberitakan sebelumnya, Kepala Desa Girimulyo, Suparno, ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penyelewengan dana desa pungutan PTSL yang mengakibatkan kerugiannegara Rp1,1 miliar.

Setelah dilakukan serangkaian penyelidikan dan penyidikan, akhirnya Suparno ditahan oleh Kejaksaan negeri dan dititipkan di LP Klas II Surakarta.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More