Rekomendasi

Kebakaran Hutan Gunung Welirang Padam, Petugas Masih Bersiaga

Jumat, 02 Agustus 2019 : 16.03
Published by Hariankota
MOJOKERTO - Api yang membakar Gunung Welirang di Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, berhasil dipadamkan petugas gabungan.

Kepala UPT Taman Hutan Raya (Tahura) R. Soerjo Wahyudi menjelaskan api yang berada di ketinggian 1.800 mdpl di Gunung Welirang sudah mulai bisa dikendalikan.

"Api kemarin sore sudah padam. Tapi petugas masih bersiaga di lokasi mengantisipasi bara api yang kembali membesar," ungkap Wahyudi saat dihubungi, Jumat (2/8/2019).

Ia pun masih belum memastikan luasan area yang terbakar dari kawasan lahan hutan yang terbakar. Mengingat petugas masih berfokus pada proses pemadaman bara api.

"Kami belum hitung luas pastinya yang terbakar dan penyebabnya. Petugas masih stay memantau pergerakan api, jadi kalau ada bara dimatikan," lanjutnya.

Menurut Wahyudi, hutan di kawasan Gunung Welirang yang terbakar terdiri dari hutan lindung dan hutan produksi, yang dikelola Perhutani dan Tahura R. Soerjo.

"Itu sebagian ada yang milik Perhutani, sebagian ada yang dikelola Tahura," bebernya.

Sebelumnya kebakaran lahan hutan juga melanda Gunung Welirang yang letaknya bersebelahan dengan Gunung Arjuno yang juga terbakar. Kencangnya angin sempat membuat api membesar dan merambat ke arah Desa Ketapanrame, Trawas, Kabupaten Mojokerto.

Dari informasi sendiri setidaknya 9,5 hektar hutan Gunung Welirang hangus terbakar sejak Rabu kemarin.


Jurnalis; Miadaada
Editor: Gunadi

Share this Article :