Rekomendasi

Ketika Para Pemulung Meriahkan HUT RI di Tempat Pembuangan Sampah

Sabtu, 17 Agustus 2019 : 13.32
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Dengan penuh rasa khidmat, puluhan pemulung yang sehari-hari mencari rejeki di Tempat Pembuangan Sampah (TPA), Sukosari, Jumantono, mengikuti upacara bendera dalam menyambut HUT ke-74 RI, Sabtu (17/08/2019).

Upacara bendera yang dilakukan di TPA ini, sebagai wujud kecintaan kepada tanah air.

Saat lagu Indonesia Raya dikumandangkan, pemulung yang berjumlah 30 orang tersebut, langsung memberikan penghormatan kepada bemsera merah putih.Rasa haru terlihat jelas dari wajah mereka.

Usai menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi, dan diakhiri dengan pekik merdeka, pancasila lima dan NKRI harga mati, dengan suara yang cukup lantang.

Inisiator Kegiatan Kiswadi Agus mengatakan, para pemulung juga bagian dari penduduk Indonesia sehingga berkewajiban melaksanakan upacara bendera.

Upacara kali ini selain untuk memperingati HUT ke-74 RI juga ingin menggugah perhatian pemerintah terhadap kalangan marginal. "Para pemulung ini juga memiliki rasa cinta tanah air yang tinggi. Mereka adalah bagian anak bangsa yamg herus diperhatikan," kata Agus.

Menurut Agus, pemulung ini adalah pejuang bagi keluarganya, yang harus mendapat perhatian dari pemerintah. "Banyak diantara mereka sulit mengakses jaminan kesehatan maupun sosial, karena tidak terdata dengan baik. Pemerintah harus menghargai mereka," ujar Agus

Sementara itu,Ngadiyem (60) salah satu pemilung mengaku sangat saatmengikuti upacara bendera di TPA Sukosari ini. "Baru sekali ini upacara bendera. Saya bangga dan terharu. Kami berharap, dalam HUT RI ini, kami berharap agar pemerintah juga ikut memperhatikan kami," kata dia.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :