Rekomendasi

Nekat Curi Arca Bacolono, Tiga Orang Langsung Digiring Warga ke Polisi

Jumat, 23 Agustus 2019 : 17.04
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Aksi pencurian benda bersejarah berupa kepala arca di Sendang Bancolono, yang berada di Tlogodlingo, Rt 04 Rw 07, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, yang terjadi pada hari Kamis (22/08/2019) berhasil digagalkan warga sekitar.

Para pelaku yang terdiri dari 3 orang tersebut, saat ini, diamankan di Mapolres Karanganyar berikut barang bukti berupa kepala patung, sebuah palu besar, slempang, warna hitam bergaris, serta satu unit mobil jenis Honda warna merah Nopol AE 1912 BX.

Ketiga pelaku sampai saat ini, masih menjalani pemeriksaan intensif di Mapolres Karanganyar.

Tiga pelaku aksi pencurian yang berhasil diamankan warga tersebut, masing-masing AB (46) warga Magetan yang bekerja sebagai petugas keamanan salah satu perusahaan tambang batu bara di Kalimantan Timur, SH (47) warga Magetan, petugas keamanan salah satu Bank serta AH (43), seorang buruh, juga warga Magetan, Jawa Timur.

Informasi yang dihimpun hariankota.com aksi pencurian tersebut berawal ketika para pelaku, dengan menggunakan mobil mendatangi punden Bancelono.

Dengan sikap tidak sopan, ketiganya langsung berteriak dan mengatakan apakah di dilokasi pertapaan ini ada orang atau tidak kepada salah satu penjaga yang bernama Tri Andriani.

Usai berteriak den berlaku tidak sopan ketiga pelaku langsung masiuk ke dalam lokasi pertapaan dan membawa kabur patung, berupa kepala arca tersebut.

Mengetahui aksi pencurian tersebut, Tria Andini langsung berteriak dan melaporkannya kepada Purharyanto, suaminya. Purharyanto langsung melakukan pengejaran sambil berteriak maling.

Akhirnya para pelaku behasil ditangkap di Desa Blumbang, Kecamatan Tawangmangu dan langsung diserahkan ke Polsek Tawangmangu.

Kapolres Karanganyar, AKBP Catur Gatot Efendi, melalui Kapolsek Tawangmangu, Iptu Ismugiyanto, ketika dihubungi melalui telepon selularnya, Jumat (23/08/2019) membenarkan terjadinya aksi pencurian tersebut.

Menurut Kapolsek, para pelaku, telah diserahkan ke Polres Karanganyar. “Tiga pelaku berikut barang bukti, sudah kita serahkan ke Polres Karanganyar untuk penanganan lebih lanjut,” kata Kapolsek.

Belum diketahui secara pasti, apa motif ketiga pelaku nekad melakukan aksi pencurian kepala yang diduga peninggalan bersejarah tersebt. Hingga berita ini diturunkan, ketiga pelaku masih menjalani pemeriksaan di Mapolres Karanganyar.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More