Rekomendasi

Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD, Pleno KPU Tanpa Dihadiri Partai Berkarya

Sabtu, 10 Agustus 2019 : 20.12
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar dengan agenda penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD, Sabtu (10/08/2019) petang, tanpa dihadiri oleh Partai Berkarya yang sebelumnya bersama Partai Nasdem, mengajukan gugatan ke Mahkamah Konsitusi (MK) terkait dengan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU).

Namun gugatan tersebut, ditolak seluruhnya oleh MK.

Ketua KPU Karanganyar, Triastuti Suryandari, kepada hariankota.com serta awak media lain, usai rapat pleno, mengatakan, undangan untuk mengikuti rapat pleno ini, telah diserahkan kepada seluruh partai politik peserta pemiliu tahun 2019.

Meski tanpa kehadiran Partai Berkarya, menurut Triastuti, rapat pleno tetap berlangsung dan dinyatakan sah.

“Undangan telah kita sampaikan kepada seluruh partai politik peserta pemilu di Karanganyar, termasuk partai Berkarya. Kami tidak mengetahui alasan ketidak hadiran mereka dalam rapat pleno ini. Yang jelas, tanpa kehadiran Partai berkarya, rapat pleno tetap berlangsung dan sah,” kata Triastuti.

Sementara itu, dalam rapat pleno tersebut, KPU menetapkan sebanyak 45 orang anggota DPRD Karanganyar terpilih daari hasil pemilu legislatif tahun 2019.

Dari hasil penetapan tersebut, menurut Triastuti, PKB meraih 5 kursi, Partai Gerindra 4 kursi, PDIP 13 kursi, Partai Golkar 12 kursi, PKS 5 kursi PAN 3 kursi dan Partai Demokrat meraih 3 kursi.

Sementara itu, Partai Hanura yang dalam Pemilu legislatif tahun 2014 lalu meraih 2 kursi, dan PPP yang meraih 1 kursi, dalam pemilu tahun 2019 ini, sama sekali tidak meraih satupun kursi di DPRD Karanganyar.

“Setelah pelaksanaan pleno selesai, maka KPU mengajukan usulan calon terpilih ini kepada gubernur melalui bupatiuntuk ddilantik. Namun sebelum pengajuan usulan ini, harus memenuhi ketentuan.

Calon yang terpilih, harus sudah menyampaikan LHKPN, paling lambat tujuh hari setelah rapat pleno penetapan ini. Jika dalam waktu tersebut belum diserahkan, kami belum bisa mengajukan usulan kepada gubernur,” tegasnya.

Sementara itu, ketua Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Karanganyar, Nuning Ritwanita Priliastuti, menyatakan rapat pleno penetapan perolehan suara partai politik dan calon anggota DPRD terpilih ini, seluruhnya telah sesuai dengan regulasi yang ada.

“Hasil pengawasan yang kita lakukan, seluruh proses penetapan hasil perolehan suara, penentuan ranking dan penetapan calon anggota terpilih, telah sesuai dengan regulasi yang ada,” ujarnya.

Jurnalis : Iwan Iswanda
Editor : Mahardika

Share this Article :