Rekomendasi

Permudah Prosedur, RS UNS Buka Layanan Vaksin Meningitis

Jumat, 02 Agustus 2019 : 15.46
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret (UNS) di Sukoharjo melaunching layanan terbaru berupa vaksin meningitis. Vaksin ini menjadi wajib bagi mereka yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri, termasuk ibadah haji dan umrah.

"Ini sejalan dengan keberadaan embarkasi haji (Donohudan), sehingga lebih memudahkan masyarakat yang butuh mendapatkan layanan (vaksin meningitis)," kata Direktur RS UNS, Zainal Abidin Adnan kepada hariankota.com dan awak media lain saat launching, Jum'at (2/8/2019).

Dengan keberadaan layanan vaksin ini di RS UNS, Zainal juga sudah meminta kepada KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) Jateng di Semarang untuk mempermudah prosedur bagi masyarakat luar daerah yang ingin mendapatkannya di RS UNS.

"Sebab biasanya bagi yang nggak bawa BPJS itu, terutama dari Jatim yang dekat dengan Solo, harus melalui prosedur ke KKP dulu. Untuk itu kami juga meminta agar prosedurnya bisa langsung ke sini (RS UNS-Red), biar masyarakat tidak merasa diping - pong," kata Zainal.

Sementara, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo Yunia Wahdiati yang hadir dalam launching menyampaikan, dengan telah dibukanya layanan vaksin meningitis di RS UNS maka di Sukoharjo menjadi ada dua rumah sakit yang membuka layanan yang sama.

"Jadi ada dua, yang pertama adalah rumah sakit PKU Muhammadiyah Sukoharjo, dan yang kedua ada disini, rumah sakit UNS di Sukoharjo," terangnya.

Meskipun hingga saat ini di Sukoharjo belum ditemukan kasus meningitis, namun kata Yuni, keberadaan layanan vaksin ini menjadi sangat penting mengingat banyaknya masyarakat yang sering bepergian keluar negeri.

"Temuan kasus meningitis saat ini belum ada, tapi potensinya memang ada. Karena Indonesia itu bisa dibilang seperti supermarketnya penyakit. Banyak orang keluar masuk Indonesia membawa bakteri (sumber penyakit)," tandasnya.

Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More