Rekomendasi

Polisi Selidiki Kasus Dugaan Keracunan Massal Malam Tirakatan HUT RI Ke-74

Selasa, 20 Agustus 2019 : 23.04
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Petugas gabungan dari Polsek Tawangsari, Polres Sukoharjo dan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo tengah melakukan penyelidikan dugaan keracunan massal yang menyebabkan 24 warga Dukuh Tambakboyo RT 01/01, Desa Tambakboyo, Tawangsari dirawat di Puskesmas dan rumah sakit.

Informasi yang digali hariankota.com, Selasa (20/8/2019), dari 24 warga yang menjadi korban, hingga kini masih tersisa 11 warga yang masih menjalani perawatan intensif untuk memulihkan kesehatannya.

Semula, sekira 60 warga dukuh tersebut telah menjadi korban keracunan usai menyantap menu opor ayam saat malam tirakatan HUT Kemerdekaan RI ke- 74, Jum'at (16/8/2019) lalu.

Menu opor ayam dimasak oleh warga secara bersama dan langsung dibungkus plastik saat keadaannya masih panas. Diduga kondisi itu menjadi penyebab munculnya zat beracun hingga menyebabkan sejumlah warga bertumbangan pada keesokan harinya, Sabtu (17/8/2019) pagi.

Kepada awak media, Plt Kapolsek Tawangsari, Polres Sukoharjo, Iptu Sidi Purnama menyampaikan, setelah mendapat laporan dari warga, pihaknya langsung mengerahkan petugas ke lapangan.

“Kami sudah menerjunkan petugas ke lapangan untuk menggali informasi terkait dugaan keracunan yang menimpa warga di Desa Tambakboyo,” katanya.

Menurut Sidi, untuk mengetahui penyebabnya hingga kini pihaknya masih melakukan pendalaman bersama petugas dari DKK Sukoharjo. Penyelidikan salah satunya dengan mengambil sampel makanan yang diduga menjadi penyebab warga sakit perut massal.

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Tambakboyo, Samsul Arifin mengatakan, belum bisa memastikan penyebab keracunan yang menimpa warganya. Dia menyerahkan sepenuhnya penyelidikan kepada petugas yang sudah mengambil sampel sisa makanan.

"Sampel itu akan diuji melalui laboratorium untuk memastikan ada tidaknya zat beracun dalam makanan yang disajikan saat malam tirakatan Jum'at malam kemarin," tutupnya.

Jurnalis; Sapto Nugroho

Editor: Gunadi

Share this Article :