Rekomendasi

Sah, 45 Wakil Rakyat Karanganyar Dilantik

Rabu, 28 Agustus 2019 : 16.33
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Sebanyak 45 calon anggota legislatif (caleg) terpilih dalam pemilihan umum yang digelar pada tanggal 17 April 2019 lalu, secara resmi diambil sumpah dan jabatannya sebagai anggota DPRD Karanganyar, periode 2019-2024, Rabu (28/08/2019).

Pengambilan sumpah dan janji jabatan anggota DPRD yang baru tersebut, berdasarkan SK Gubernur Jawa Tengah No 170/70/2019, tertanggal 21 Agustus 2019.

Pengucapan sumpah dan jani jabatan dipimpin wakil ketua Pengadilan Negeri (PN) Karaganyar, Ni Wayan Wirawati. Saat bersamaan juga ditetapkan Ketua sementara DPRD Karanganyar, Bagus Selo dari PDIP dan wakil ketua sementara, Anung Marwoko, dari Partai Golkar.

Ketua DPRD periode 2014-2019, Sumanto, mengatakan, selama lima tahun, pihaknya berhasil membat 90 perda, baik dari eksekutif maupun DPRD, dan 149 keputusan DPRD dan 73 keputusan pimpinan DPRD.

“Saya berharap, anggota DPRD yang baru in, daat bekerja lebh baik lagi,” ujar Sumanto. Dalam pidato Gubernur Jawa Tengah, yang dibacakan bupati Karanganyar, Juliyatmono.

Dalam pidato penyampaiannya, anggota DPRD yang lama priode 2014-2019 diberhentikan dan anggota DPRD Kampar yang baru priode 2019-2024 dilantik secara resmi.

“Jalankan amanah dengan kerja keras, penuh dedikasi dan tanggungjawab. Dan yang terpenting,jaga marwah lembaga perwakilan rakyat ini,” kata gubenur yang diwakili bupati Karanganyar.

Bagi anggota dewan yang baru menjabat, lanjut gubernur, segera pahami wewenang, tugas pokok dan fungi sebagai wakil rakyat. “Bagi anggota baru, segera menyesuaikan diri dan pahami tugas pokok dan fungsi sebagai anggota legislatif,” ujar gubernur dalam sambutan yang dibacakan bupati.

Sementara itu, wakil ketua sementara DPRD Karanganyar, Anung Marwoko, menjelaskan, segera melakukan rapat untuk memfasilitasi penyusunan tata tertib, alat kelengkapan DPRD samapai terpilihnya pimpinan defenitif DPRD.

“Tugas kami sebagai impinan smeentara hanya memfasilitasi. Setelah semua selesai, mulai dari tata tertib serta alat kelengakapan DPRD, baru disyahkan oleh pimpinan DPRD defenitif,” jelas Anung Marwoko.

Disisi lain, dengan dilantiknya anggota DPRD yang baru ini, diharapkan para wakil rakyat dapat menjalankan tugasnya dengan baik, dalam hal ini melaksanakan fungsi anggaran, fungsi legislasi dan fungsi pengawasan.

“Ketiga fungs ini harus benar-benar dilaksanakan oleh para wakil rakyat yang baru terpilih ini. Dan yang perlu saya ingatkan, jangan sampai bermain dengan proyek, kalau tidak ingin berurusan dengan hukum,” tegas ketua Masyarakat Handarbeni Karanganyar, Agus Kiswadi.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More