Rekomendasi

Sah, KPU Tetapkan 45 Calon Anggota DPRD Sukoharjo Terpilih

Sabtu, 10 Agustus 2019 : 07.18
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Setelah sebelumnya sempat tertunda, akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo menggelar rapat pleno terbuka lanjutan penetapan perolehan kursi dan penetapan 45 calon anggota DPRD Sukoharjo terpilih hasil pemilu 2019.

"Ini merupakan rapat pleno terbuka lanjutan yang sebelumnya sempat tertunda," kata Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda saat memimpin jalannya rapat pleno terbuka, Jum'at (9/8/2019) malam.

Dalam rapat yang dihadiri Bawaslu Sukoharjo, saksi parpol, instansi pemerintah serta lembaga terkait ini, KPU Sukoharjo membacakan sekaligus menetapkan satu - persatu nama dewan terpilih berdasarkan urutan dari 5 daerah pemilihan (dapil).

"Bahwa penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih tanpa permohonan perselisihan hasil pemilu paling lama 5 hari setelah salinan penetapan atau putusan Mahkamah Konstitusi (MK) diterima KPU," jelasnya.

Batas waktu 5 hari tersebut, terhitung sejak putusan MK diunggah di Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) KPU RI pada 7 Agustus 2019 lalu. Sehingga dengan telah diunggahnya putusan MK tersebut maka KPU Sukoharjo memiliki waktu penetapan maksimal hingga 12 Agustus 2019 mendatang.

"Mengingat kondisi saat ini kita berbarengan dengan hari raya Iduladha dan juga hari libur, maka kami putuskan untuk menggelar rapat pleno terbuka pada malam hari ini," ungkapnya.

Kepada hariankota.com, Nuril mengatakan, pelaksanaan rapat pleno penetapan sudah sesuai dengan PKPU Nomor 14 Tahun 2019 perubahan kelima dari PKPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang tahapan program dan jadwal penyelenggaraan Pemilu 2019.

"Hasilnya, dari jumlah anggota DPRD Sukoharjo terpilih pada pemilu 2019 ini, komposisinya 39 adalah laki - laki atau 80 persen, sementara untuk perempuan ada 9 atau 20 persen," paparnya.

Dengan telah dilaksanakan rapat pleno, maka sesuai tahapan, dari hasil penetapan akan dituangkan dalam berita acara pleno KPU, dan salinannya beserta keputusan KPU Sukoharjo akan disampaikan kepada pimpinan parpol, Bawaslu dan KPU secara berjenjang.

"Selanjutnya, kami akan segera mengusulkan nama - nama calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Sukoharjo kepada Gubernur melalui Bupati guna pengucapan sumpah janji dan pelantikan anggota DPRD Sukoharjo periode 2019 - 2024," pungkasnya.

Jurnalis; Sapto Nugroho

Editor: Jumali

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More