Rekomendasi

Sejumlah Wajah Baru Menghiasi Gedung Wakil Rakyat Sragen dan Karanganyar

Senin, 12 Agustus 2019 : 17.19
Published by Hariankota
SRAGEN - Sebanyak 9 wajah baru mengisi kursi legislator di DPRD Sragen.

Sedangkan di Karanganyar ada 15 calon legsilatif terpilih berhasil menjadi wakil rakyat, setelah sebelumnya bertarung dengan para senior politiknya dalam pemilihan umum legislatif (Pileg) yang digelar bersamaan dengan pemiihan presiden (Pilpres) pada tanggal 17 April 2019 lalu.

Informasi yang dihimpun hariankota.com berdasarkan hasil i penghitungan dan penetapan perolehan kursi, komposisi DPRD Sragen lima tahun ke depan masih didominasi wajah lama. Hanya 9 nama yang terbilang baru dan berhasil menerobos ketatnya persaingan di Pileg 2019.

Kesembilan wajah baru tersebut, masing-masing, 4 dari PDIP, 2 dari PKB, 2 dari Demokrat, dan 1 dari Nasdem. Tiga dari sembilan nama itu adalah legislator perempuan yang masih berusai relatif muda.

Sembilan wajah baru itu masing-masing Heru Waluyo, Eko Muji Suharto, Suyanto dan Wulan Purnama Sari dari PDIP.

Wulan yang notabene istri Ketua DPC PDIP, bahkan meraup suara tertinggi se-Sragen dengan 12.112 suara, dua politisi asal PKB, Aldilah Kulsum dan Bahrul Mustawa, politisi Partai Demokrat Hardiyana dan Asita,serta Tono, yang merupakan kader Partai Nasdem.

Sedangkan untuk caleg terpilih DPRD Karanganyar, sebanyak 15 orang menghiasai kantor wakil rajyat yang berada di Jalan Lawu Timur tersebut.

Ke 15 nama tersebut, masing-masing, Sartono Priyadi dan Riara Puspita (PKB), Bobbi Aditya Putra, Sartono, Suprapto (PDIP), Rochmad Abdullah, Arif Tri wahyudi, Suyanto, Aan Shopuanuddin, Sari Widodo, Muhammad Abrar Rismahendra (Partai Golkar), Rohadi Widodo, Muh Samsul Bahri (PKS), Supriyanto (Partai Demokrat), serta Tri Nur Nugroho yang berasal dari Partai Gerindra.

Kehadiran sejumlah wajah baru ini, memantik tanggapan masyarakat. Agung Widodo, warga desa Ngrampal, Sragen ini berharap agar para wakil rakyat yang relatif masih berusia muda ini, lebih berani dalam menyarakan aspirasi masyarakat di bumi Sukowati.

“Masyarakat sangat berharap kiprah para anggota dewan yang baru ini. Jangan hanya berani saat kampanye, jangan hanya berjanji, tapi wujudkan janji itu saat menjadi wakil rakyat,” ujar Agung, Senin (12/08/2019).

Hal senada dikatakan koordinator Masyarakat Handarbeni Karanganyar (Mahaka) Kiswadi Agus. Menurutnya, 15 wajah baru yang terpilh di DPRD Karanganayar, diharapkan dapat mewarnai dinamika di lembaga wakil rakyat.

Agus berharap, anggota yang baru terpilih ini, lebih mengedepankan keoentingan masyarakat dan tidak hanya diam saat melihat persoalan yang ada.

“Kita menaruh harapan kepeda caleg yang terpilih ini. Sikap kritis dan peningkatan pengawasan terhadap tugas pokok dan fungsinya sebagai wakil rakyat harus dimaksimalkan. Jangan melempem,” tandas Agus, Senin (12/08/2019).

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :