Rekomendasi

Aksi Unjuk Rasa Warnai Pelantikan Dewan Baru Sukoharjo

Senin, 09 September 2019 : 11.06
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Aksi unjuk rasa mewarnai pelantikan 45 anggota DPRD Sukoharjo terpilih periode 2019 - 2024. Puluhan orang mengatasnamakan dari Gerakan Anti Korupsi Independen (GAKI) ini berorasi tepat di pintu masuk halaman gedung DPRD Sukoharjo, Senin (9/9/2019).

Dengan membawa pengeras suara, secara bergiliran, mereka menyampaikan orasi, menyoroti kinerja dewan selama ini yang dinilai kurang responsif terhadap kondisi pembangunan di Kabupaten Sukoharjo.

"Kami minta kepada dewan - dewan baru yang akan menjabat 5 tahun kedepan, agar lebih memperhatikan fasilitas publik seperti sarana olah raga indoor yang saat ini masih minim. Jangan hanya kunker terus. Tolong jaga amanah yang telah diberikan rakyat," seru salah satu peserta aksi.

Pantauan hariankota.com, massa aksi yang dipimpin Didik Rudiyanto selaku Ketua Umum GAKI ini, semula hendak masuk ke halaman gedung dewan yang sedang menggelar upacara pelantikan, namun tertahan oleh petugas keamanan dari kepolisian Polres Sukoharjo, dan Satpol PP Sukoharjo, serta di bantu sejumlah anggota TNI.

Mendengar ada aksi unjuk rasa, 5 pimpinan dewan yang tengah bersiap mengikuti acara, dipimpin Ketua DPRD lama, Nurjayanto berjalan keluar menemui massa untuk melakukan dialog, sekaligus mendengarkan aspirasi yang disampaikan peserta aksi.

"Tadi sepintas, kami mendengarkan aspirasi yang disampaikan yakni, tentang fasilitas olahraga indoor. Itu sudah menjadi pembahasan beberapa kali, cuma untuk menganggarkan, tahapannya harus terpenuhi terlebih dulu," terangnya.

Diantara tahapan tersebut, kata Nurjayanto adalah Detail Engineering Design (DED) yang harus dibahas secara mendalam.

Tidak hanya fasilitas indoor, fasilitas olahraga outdoor juga sudah dibahas yakni, pembangunan kolam renang di Taman Pakujoyo yang berada di Kelurahan Gayam, Sukoharjo Kota.

"Insya Allah, kami sudah mendengar aspirasi yang panjenengan semua sampaikan. Dan yang lebih penting, nanti akan kami sampaikan kepada Bupati Sukoharjo," tandas Nurjayanto.

Usai mendengar penjelasan tersebut, massa akhirnya bisa menerima dan menutup aksi unjuk rasa dengan meminta 5 pimpinan dewan lama menandatangani petisi yang isinya beberapa pesan diantaranya, meminta dewan terpilih menjauhi korupsi, tidak mengkianati janjinya, serta selalu ingat kepada Tuhan dalam bekerja.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More