Rekomendasi

Anggota Dewan Karanganyar Ramai-ramai Gadaikan SK

Senin, 30 September 2019 : 19.20
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Baru satu bulan dilantik sebagai anggota DPRD periode 2019-2024, para wakil rakyat Karanganyar ini, ramai-ramai menggadaikan surat keputusan (SK) sebagai jamainan pinjaman ke sejumlah bank. Nilai pinjaman yang diajukan mencapai ratusan juta rupiah.

Sekretaris DPRD Karanganyar, Sujarno, kepada hariankota.com serta awk media lain, mengatakan, hingga sebulan pascapelantikan, jumlah pemohon pinjaman dari kalangan legislatif, menurut Sujarno, hanya 10 orang.

Dengan nilai pinjaman antara Rp200 juta hingga Rp400 juta, dengan jangka waktu kurang dari lima tahun. “Memang ada beberapa yang mengajukan pinjaman dengan jaminan SK, tapi tidak seluruhnya,” kata Sujarno, Senin (30/09/2019).

Alasan peminjaman, jelas Sujarno, mulai dari modal berbisnis dan kebutuhan lainnya. Sedangkan untuk pelunasannya, ia juga menandatangani surat kuasa penyetoran angsuran ke bank yang bersumber dari penghasilan bulanan para peminjam.

"Jumlah angsuran mencapai jutaan rupiah per bulan, dengan jangka waktu bervariasi, antara dua tahun hingga tiga tahun,” jelasnya.

Terpisah, Ketua DPRD Karanganyar, Bagus Selo mengatakan masalah pengajuan pinjaman, merupakan hak pribadi masing-masing anggota. “Kami memahami mengapa para anggota dewan mengajukan pinjaman. Silahkan saja, karena itu hak pribadi,” kata dia.

Informasiyang dihimpun hariankota.com, para anggota DPRD yang mengajukan pinjaman ini,umumnya ntuk menutup biaya kampanye saat pemilihan legislative lalu.

“Biasa mas. Yang penting, pengajuan pinjaman tersebut tidak melebihi penghasilan. Yang penting masih ada untuk keluarga,” ujar salah satu anggota dewan yang enggan disebutkan namanya.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Mahardika

Share this Article :