Rekomendasi

Bahas Hak Keuangan dan Alat Kelengkapan, Jadi Agenda Pertama Anggota DPRD yang Baru

Senin, 02 September 2019 : 20.14
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Untuk pertama kalinya, para anggota DPRD Karanganyar yang baru saja dilantik pada tanggal 28 Agustus 2019 lalu, menggelar rapat perdana bersama sekretaris dewan (Sekwan).

Rapat yang digelar di ruang paripurna pada hari Senin (02/09/2019) tersebut dihadiri seluruh angota DPRD terpilih periode 2019-2024.

Rapat yang dipimpin ketua sementara DPRD Karanganyar, Bagus Selo, membahas sejumlah agenda, diantaranya rapat penjelasan hak-hak keuangan DPRD serta jadwal persidangan untuk membahas pimpinan fraksi.

“Ini merupakan agenda pertama kita setelah dilantik sebagai anggota DPRD Karanganyar,” terang Bagus Selo.

Untuk jajaran wakil pimpinan DPRD, serta calon ketua fraksi, menurut Bagus Selo, pihaknya telah mengirimkan surat kepada masing-masing partai politik, untuk segera mengirimkan siapa yang akan menduduki jabatan tersebut.

Dijelaskannya, surat pemberitahuan sudah disampaikan ke masing-masing partai politik untuk mengirimkan surat keputusan dari partai politik, siapa nama yang akan duduk sebagai calon wakil ketua DPRD maupun ketua fraksi.

Sampai saat ini, baru satu partai politik yang telah mengirimkan surat pemberitahuan, yakni PKB yang menunjuk Tony Hatmoko sebagai wakil ketua DPRD.

Sedangkan PKS, sebenarnya telah menunjuk Rohadi Widodo sebagai wakil ketua DPRD, namun masih menunggu surat resmi DPW PKS Jawa Tengah. Sedangkan untuk Partai Golkar, belum diketahui siapa yang akan menduduki jabatan sebagai wakil ketua.

“Kita minta agar masing-masing partai politik segera mengirimkan surat keputusan, siapa yang ditnjuk untuk menduduki posisi wakil ketua dan ketua fraksi. Ini harus kita selesaikan. Sebagai pimpinan sementara, kami hanya memfasilitasi agar proses pembentukan alat kelengkapan DPRD ini segera diselesaikan,” kata Bagus Selo.

Sedangkan untuk ketua DPRD yang merupakan hak PDIP, Bagus Selo mengungkapkan, sampai saat ini, DPP belum mengeluarkan surat keputisan siapa yang akan menjadi ketua DPRD Karanganyar.

“Untuk calon ketua DPRD, DPP PDIP belum mengeluarkan surat keputusan, karena tiga calon ketua yang diusulkan, yakni saya sendiri sebagai ketua DPC, Endang Muryani dan Sri Harjono, baru saja selesai mengikuti fit and proper test,” jelasnya.

Ditambahkan Bagus Selo, dalam rapat perdana tersebut, juga dibahas tentang hak-hak keuangan anggota DPRD periode 2019-2024. Besarnya gaji dan tunjangan lainnya yang diterima oleh anggota DPRD, masih menurut Bagus Selo, sebesar Rp30 juta, sudah termasuk berbagai tunjangan lainnya.

Penghasilan tersebut masih dikurangi dengan berbagai potongan. Terpisah, Sekretaris DPRD Karanganyar, Sujarno, mengatakan, terhitung sejak pengambilan sumpah dan janji jabatan, maka telah sah menjadi anggota DPRD periode 2019-2024.

Dengan demikian, lanjut Sujarno, maka hak administrasi dan hak keuangan, sebagaimana yang tercantum dalam PP 18 tahun 2017, telah melekat dan pembayaran gaji perdana akan dilakukan pada Senin (02/09/2019).

“Pembayaran gaji ini teleh memenuhi persyaratan sebagai anggota dan pemrosesan gaji juga sudah dilaksanakan,” tandasnya.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More