Rekomendasi

Bayi Kembar Parasit Dirujuk Ke RSUP Sanglah

Kamis, 26 September 2019 : 23.49
Published by Hariankota
DENPASAR – Bayi putri pasangan Made Mujana (43) dan Made Gorsi (38) lahir dengan kondisi kembar parasit yakni memiliki empat tangan dan kaki telah dirujuk ke RSUP Sanglah, Rabu (25/9) malam kemarin.

Dokter spesialis bedah anak RSUP Sanglah, I Made Darmajaya menjelaskan bayi yang lahir secara normal pada Senin (23/9/2019) pukul 03.00 Wita di salah satu Bidan, menyebut ini bukanlah kembar siam tapi kembar parasit.

Kembar parasit artinya hanya ada satu individu yang bernyawa namun yang lainnya gagal berkembang. Namun menyisakan beberapa organ yang menempel pada bayi yang hidup.

"Jadi tidak ada jantung dan kepala, hanya menyisahkan beberapa organ saja. Nantinya (operasi) bukan memisah nanti tapi membuang istilahnya. Parasit harus dibuang kalau dipisah itu bayi sama-sama hidup itu namanya kembar Siam," imbuhnya.

Saat tiba di RSUP Sanglah kondisi ususnya sudah mengalami pembengkakan karena penguapan. Pasalnya usus ada di luar karena lapisan perutnya tidak terbentuk sempurna.

Sehingga langsung dilakukan operasi untuk melindungi bagian perutnya yang terbuka untuk menghindari infeksi. Sebelumnya Wakil Bupati Buleleng, dr I Nyoman Sutjidra, Sp.OG menjenguk bayi tersebut.

Menurutnya kasus yang terjadi ini merupakan kasus yang langka. Untuk biaya pengobatan ditanggung sepenuhnya BPJS Kesehatan. Keluarga dari bayi itu masuk daftar penerima bantuan rastra

“Kasus ini bisa terjadi diakibatkan kehamilan yang berisiko tinggi," tuturnya. Untuk itu pihaknya akan lebih rutin gencarkan sosialisasi kepada masyarakat terkait usia reproduksi aman, dan pentingnya ibu hamil rutin memeriksakan kandungannya.

Jurnalis: Made Suganda

Editor: Jumali

Share this Article :