Rekomendasi

Dilantik Anggota DPRD DIY, Ini Nasehat Amien Rais untuk Putra Putrinya

Senin, 02 September 2019 : 23.00
Published by Hariankota
YOGYAKARTA - Tokoh reformasi Amien Rais memberi wejangan pada dua putra putrinya sebelum dilantik menjadi anggota DPRD DIY Periode 2019-2024. Kedua putra putrinya itu adalah Hanum Salsabiela dan adiknya, Ahmad Baihaqy.

Hanum Salsabiela yang akrap disapa Hanum Rais tahun ini terjun ke dunia politik. Ia lebih dikenal sebagai penulis yang sudah menerbitkan beberapa buku.

Hanum menyempatkan sungkem dan memohon doa restu pada kedua orang tuanya sebelum menghadiri acara pelantikan. Dalam momen pelantikan ini, Amien Rais sang ayahanda memberikan banyak nasehat.

"Niatkan pengkhidmadan sebagai wakil rakyat di DPRD Provinsi DIY ini betul-betul sebagai ibadah yang bermakna sangat luas. Pejabat itu diberikan jalan tol ke surga, tetapi juga jalan tol ke neraka," kata Amien Rais yang disampaikan pada putrinya.

"Seorang pejabat mengemban amanah niatnya untuk lillahita'ala, berjuang betul-betul, iktiarnya siang malam hanya untuk rakyat dan mengesampingkan egonya sendiri, insyaAllah jalannya ke jannatun na'im," tuturnya.

"Sebaliknya kalau menjadi wakil rakyat yang hanya mengejar proyek, lupa tugas, jalan tolnya ke neraka jahannam, na'udzubillahimindzalik," pesannya.

Amien Rais juga mengatakan bahwa dalam berpolitik terkadang ada tantangan, godaan, ujian dan juga fitnah. Tapi, semua itu justru dapat menjadi 'penggemblengan' atau penguat mental.

"Jika dipuji tidak menjadikan besar kepala, ketika dicaci bahkan difitnah pun kita tidak usah kehilangan kompas," imbuah Amien Rais. Amien Rais juga menyampaikan saat bertugas sebagai wakil rakyat jangan sampai melupakan keluarga.

"Dalam berkhidmad jangan lupa dengan bapak ibu, terutama ibu harus lebih diperhatikan. Suami sebagai kepala keluarga juga harus diperhatikan betul apalagi dalam mengambil keputusan penting tidak boleh sendirian tetapi harus dimusyawarahkan, jadikan suami sebagai sumber motivasi dan inspirasi," katanya.

"Bapak (Amien Rais,red) yakin Hanum bisa menyeimbangkan peran sebagai seorang istri, ibu, dan pejuang politik," katanya. Terakhir, Amien Rais berpesan pada Hanum untuk jangan sampai meninggalkan ibadah sholat, puasa Senin-Kamis, dan dzikir.

"InsyaAllah, Allah akan meridhoi Hanum dalam berkhidmad," pungkasnya.

Hanum menyadari, menjadi anggota dewan merupakan amanah. Ini bisa menjadi jalan kebaikan dan bisa juga menjadi awal celaka. Wejangan yang diberikan Amien Rais akan selalu diingat dalam mengemban amanah.

Hanum juga meminta awak media mengawasi dirinya sebagai anggota dewan dalam menjalankan tugas. Ia juga berharap masyarakat terus memberi dukungan, juga tetap memberi kritik demi kebaikan.

Amien Rais, kata Hanum, juga memberi nasehat agar belajar dari seniornya, apalagi yang sudah berpengalaman di dewan. Sebab, kedua putra putri Amien Rais ini merupakan pendatang baru di DPRD DIY.

"Sebagai anak muda, anggota dewan baru, harus banyak belajar. Mudah-mudahan semuanya menjadi anggota dewan yang istimewa, seistimewa Yogyakarta," katanya.

Jurnalis: Danang Prabowo
Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More