Rekomendasi

Inggris - Bali Jajaki Kerjasama di Bidang Energi Bersih

Rabu, 25 September 2019 : 20.19
Published by Hariankota
DENPASAR - Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins jajaki kerjasama sejumlah potensi peluang kerjasama baru lainnya, seperti bidang energi bersih.

“Kedatangan Bapak Dubes antara lain menawarkan kerjasama di berbagai bidang, seperti infrasruktur, pendidikan, pariwisata hingga energi bersih,” ungkap Gubernur Koster didampingi Kepala Biro Humas dan Protokol AA Ngurah Oka Sutha Diana belum lama ini.

Ditambahkan Koster, Dubes Owen sangat menyambut positif pemaparan tentang berbagai program kerja selama setahun usia pemerintahannya dalam upaya menjaga kesucian, kebersihan dan kelestarian alam Bali.

“Kita sedang gencar menyusun kebijakan-kebijakan tentang energi bersih atau terbarukan, dengan harapan ke depan Bali akan lebih lestari dan bersih, alamnya, lingkungannya. Sehingga lebih nyaman bagi wisatawan,” tuturnya.

Dubes Owen sangat tertarik dengan terkait bidang energi bersih dan bersedia memberikan bantuan untuk mengirimkan tenaga ahli.

“Beliau (Dubes Owen, red) langsung menawarkan kesanggupan membantu dengan memberikan tenaga ahli terbaik dan berpengalaman (bidang energi bersih),” imbuhnya.

Alasannya lanjut Gubernur Koster karanr pemerintah Bali dinilai keseriusan dalam melaksanakan program energi bersih serta terbarukan. Hal ini dilihat dengan berbagai kebijakan Gubernur Koster terkait kelestarian lingkungan.

Salah satunya dalam dekat ini seperti disampaikan Gubernur Koster kepada Dubes Inggris adalah dengan mengeluarkan kebijakan dalam bentuk peraturan gubernur (Pergub) tentang energi bersih atau terbarukan.

Bertujuan pula untuk memetakan sumber-sumber energi yang bisa diberdayakan untuk Pulau Dewata. “Misalnya tenaga air atau tenaga surya, sumber energi yang sekiranya bisa segera diwujudkan di Bali,” pungkas.

Jurnalis; Made Suganda

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More