Rekomendasi

Jelang HUT TNI, Panglima Ziarah ke Makam Para Presiden

Kamis, 19 September 2019 : 14.40
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Menjelang peringatan hari ulang tahun (HUT) ke 74, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahyanto, melakukan ziarah ke makam mantan presiden RI ke dua, Jendral (Purn) Muhammad Soeharto, yang berada di komplek pemakaman Astana Giribangun, Kecamatan Matesih, Kamis (19/09/2019).

Sejumlah pejabat di lingkungan TNI, ikut mendamping Panglima. Diantaranya, KSAU Marsekal Yuyu Sutisna, KSAL Laksamana Siwi Sukma Adji, sedangkan KSAD Jenderal Andika Perkasa, tidak ikut dalam rombongan dan diwakili Aster KSAD Mayjen Bakti Agus Fadjari.

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel.

Sedangkan dari Pemkab Karanganyar, terllihat hadir, jajaran Forkompinda, mulai dari bupati Juliyatmono, Kapolres AKBP Catur Gatot Efendi, Dandim 0727 Letkol Andi Amin, Kajari Suhartoyo, seta ketua sementara DPRD Karanganyar, Bagus Selo.

Pantauan hariankota.com, usai istirahat selam 30 menit di Wisma Lerem, Panglima beseta rombongan langsung memasuki Cungkup Argosari, dimana mantan presiden Jendral (Purn) Muhammad Soeharto dimakamkan.

Setelah melakukan ziarah, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahyanto, tidak memberikan keterangan apapun kepada para awak media yang telah menunggu lama. Keterangan resmi mengenai kegiatan Panglima ini, disampaikan Kapenrem Warastratama, Mayor Inf Mantang.

Menurut Kapenrem, ziarah ke makam mantan presiden RI ini, merupakan tradisi dalam rangka HUT TNI, yang dimulai sejak era Jendral Gatot Nurmantyo, saat menjabat sebagai pimpinan tertinggi TNI.

Dijelaskannya, sebelum melakukan ziarah ke Astana Giribangun, sebelumnya Panglima TNI juga berziarah ke makam mantan presiden pertama RI, Soekarno di Blitar, serta mantan presiden RI ke 5, Abdurrahman Wahid, di Jombang, Jawa Timur.

“Ziarah yang dilakukan Panglima beserta rombongan ini, merupakan agenda rutin setiap menjelang HUT TNI. Setelah ziarah ke makam mantan presiden Soeharto, selanjutnya, Panglima berziarah ke makam Panglima Besar Jendral Soedirman di Jogjakarta.

Dan kegiatan terakhir, akan menerima penganugerahan Doctor Honoris Causa dari UNS pada hari Jumat (20/09/2019),” jelas Kapenrem singkat.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Jumali

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More