Rekomendasi

Kasus Penyimpangan Alsintan, Memasuki Babak Baru, Penyidik Terbitkan SPDB Baru

Kamis, 05 September 2019 : 18.17
Published by Hariankota
SRAGEN - Dugaan kasus penyimpangan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) di Sragen, memasuki babak baru.

Setelah menetapkan dua tersangka, yakni mantan Kepala seksi (Kasie) Alsintan, Sudaryo (58) dan THL POPT Setyo Apri Surlitaningsih (49), saat ini penyidik Sat Reskrim Polres Sragen, kembali menerbitkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) kasus Alsintan jilid 2.

Untuk kepentingan penyelidkan kasus Alsintan jilid II ini, penyidik telah meminta keterangan 13 orang yang berkapasitas sebagai saksi.

Kapolres Sragen, AKBP Yimmy Kurniawan melalui Kasat Reskrim AKP Harno, membenarkan terbitnya SPDP Alsintan jilid 2, pihaknya memang sudah memeriksa semua saksi-saksi yang terkait. Hanya saja, Kasat reskrim, enggan menyebut siapa saja yang dimintai keterangan.

“Untuk kasus Alsintan tahap selanjutnya, kita sudah meminta keterangan 13 orang dalam kapasitasnya sebagai saksi. Kita juga belum menetapkan tersangka baru. Tunggu saja perkembangan selanjutnya,” ujar AKP Harno, Kamis (05/09/2019).

Setelah memeriksa semua saksi, Kasat menyampaikan langkah berikutnya dalam pekan ini akan meminta legal opinion kepada ahli dari UNS dan Undip Semarang. Legal opinion diperlukan untuk menerangkan apakah perbuatan yang tengah disidik di jilid 2 itu masuk dalam ranah korupsi atau tidak.

"Ada perbuatan yang melanggar perbuatan hukum atau tidak. Apakah ada unsur-unsur tipikor terpenuhi," tukasnya.

Saat ditanya perihal kabar bahwa jilid 2 akan menyeret dua calon tersangka dan disebut berkaitan dengan pengurus partai, Kasat hanya tersenyum. "Nanti akan kami sampaikan setelah tahapan lanjutannya,” tandasnya.

Sebagaimana diberitakan hariankota.com sebelumnya, kasus bantuan Alsintanmenjadi perhatian publik, karena jumlah bantuan alat mesin pertanian yang mengalir ke Sragen membanjir sejak 2012 hingga 2018.

Total ada sekitar 1.700 unit Alsintan tersebut, berasal dari APBN dan APBD Provinsi. Namun dalam proses pembagiannnya, para penrima diminta sejumlah uang agar bisa menerima bantuan Alsintan itu.

Dari estimasi sementara, diperkirakan total pungli yang mengalir dari ribuan unit Alsintan itu mencapai angka Rp 20an miliar.

Akibat terungkapnya kasus ini, mantan Kasie Alsintan, Sudaryo (58) dan THL POPT Setyo Apri Surlitaningsih (49), doijadikan tersangka dan saat ini menjadi tahanan penyidik.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More