Rekomendasi

Sempat Disusupi Pelajar, Mahasiswa Solo Raya Kembali Demo DPRD Solo

Kamis, 26 September 2019 : 18.00
Published by Hariankota
SOLO - Aksi unjuk rasa menolak RUU yang dinilai bermasalah, kembali digelar oleh mahasiswa di depan gedung DPRD Kota Solo, Jalan Adisucipto, Solo, Kamis (26/9/2019) siang.

Dalam pantauan hariankota.com, aksi ditengah terik panas matahari kali ini, dilakukan oleh Kesatuan Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Solo Raya dan Aliansi Garda Pembela Pancasila.

Korlap aksi dari Aliansi Garda Pembela Pancasila, Hani Wahyu Nugroho mengatakan, unjuk rasa juga diikuti oleh sejumlah mahasiswa dari berbagai kampus yang ada di Solo Raya.

"Mereka mengikuti aksi ini karena peduli terhadap permasalahan moral dan ingin menyuarakan penolakan RUU penghapusan kekerasan seksual (PKS)," ujarnya. Menurutnya, RUU tersebut tidak sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, agama dan norma-norma adat yang berlaku di Indonesia.

Sejumlah kalimat vulgar yang dituangkan dalam poster, menghiasi jalannya aksi unjuk rasa. Poster - poster tersebut diacung - acungkan keatas agar terbaca. Sementara, puluhan massa, diduga pelajar setingkat SMA / SMK sempat akan bergabung ikut berunjuk rasa membaur ditengah mahasiswa.

Namun oleh aparat kepolisian dari Polresta Solo, mereka langsung dibubarkan, Kabag Ops Polresta Solo, Kompol I Ketut Sukarda, ditengah jalannya unjuk rasa mengatakan, aksi pelajar yang baru bergabung beberap menit tidak memiliki izin untuk demo.

"Izin yang masuk pada kami hanya aksi demo dari KAMMI, yang menentang RUU-PKS. Dari laporan intel kami, mereka (pelajar-Red) tidak ada izinnya," jelasnya.

Kahadiran para pelajar ditengah unjuk rasa yang berakhir dengan damai hingga sekira pukul 16.20 WIB ini, berpotensi mengganggu kondusifitas. Mereka datang langsung meneriakan kata-kata kasar, dan caci maki.

"Untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan, kita giring saja. Mereka berasal dari luar Solo, ada yang dari Gemolong dan Boyolali," pungkasnya.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Jumali

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More