Rekomendasi

Serahkan 3000 Sertifikat di Sukoharjo, Ini Pesan Presiden Jokowi

Jumat, 06 September 2019 : 18.20
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan kepada warga penerima sertifikat tanah, jika ingin menjaminkan untuk pinjam uang di bank agar berhati - hati. Hal itu disampaikan saat menyerahkan 3000 sertifikat bagi warga Kabupaten Sukoharjo, Jum'at (6/9/2019).

"Ini kalau sudah pegang sertifikat, biasanya terus pengen disekolahkan (cari pinjaman uang di bank-Red). Nggak usah malu, silahkan dipake untuk agunan di bank. Titipan saya adalah, tolong dihitung, dikalkulasi, bisa nggak nyicilnya setiap bulan," kata Presiden.

Pantauan hariankota.com, selain mengingatkan warga penerima sertifikat agar hati - hati, Jokowi juga menyinggung masalah sengketa tanah yang selalu dijumpainya ketika berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia.

"Sekarang panjenengan semua sudah tidak perlu khawatir terlibat sengketa karena telah mempunyai sertifikat yang sah. Tolong nanti sampai dirumah diberi plastik atau dilaminating supaya terhindar dari tetesan air saat musim hujan," imbaunya.

Menurut Jokowi, sertifikat merupakan tanda bukti hak hukum atas tanah yang sudah jelas. Permasalahan sengketa tanah bisa memicu konflik antar tetangga, antara rakyat dan pemerintah, serta antara rakyat dan perusahaan swasta.

Oleh karena itu, Jokowi berharap sertifikat yang telah dibagikan tersebut dapat memberikan kepastian bagi para warga pemegang sertifikat.

Ditambahkan Presiden, Kementerian Agraria dan Tata Ruang telah menargetkan pada 2019 mendatang, bagi tanah di Kabupaten Sukoharjo yang belum bersertifikat, seluruhnya akan disertifikasi.

Jurnalis; Sapto Nugroho

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More