Rekomendasi

SK Gubernur Belum Turun, DPRD Baru, Belum Bekerja

Rabu, 18 September 2019 : 20.00
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Hingga saat ini, Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Tengah terkait penetapan unsur pimpinan DPRD periode 2019-2024 defenitif, belum juga turun.

Hal ini bedampak, para wakil rakyat yang terpilih dalam pemilihan umum (pemilu) tahun 2019 tersebut, belum dapat bekerja maksimal.

Sebelumnya, nama-nama usulan partai politik yang akan menduduki unsur pimpinan DPRD Karanganyar, telah dikirimkan ke gubernur Jawa Tengah, melalui bupati Karanganyar.

Sekretaris DPRD Karanganyar, Sujarno, ketika dihubuni hariankota.com melalui telepon selularnya, Rabu (18/09/2019), kemungkinan, SK gubernur Jawa Tengah, mengenai penetapan pimpinan defenitif DPRD Karanganyar tersebut, baru akan turun minggu depan.

“Kemungkinan minggu depan baru turun mas. Setelah SK kita terima, selanjutnya akan dilakukan pengambilan sumpah jabatan unsur pimpinan defenitif yang akan dipandu oleh wakil ketua Pengadilan Negeri Karanganyar,” jelas Sujarno, Rabu (18/09/2019).

Sementara itu, Ketua Sementara DPRD Karanganyar Bagus Selo mengatakan, belum dapat bekerja maksimal dengan belum turunnya SK gubernur ini.

Sejak dlantik pada tanggal 28 Agutus 2019 lalu, DPRD Karanganyar, baru menyelesaikan pembentukan susunan pimpinan frkasi serta pembahasan draft tata tetib DPRD Karanganyar periode 2019-2024.

Menurut Bagus Selo, banyak agenda penting yang menunggu untuk dibahas. Di antaranya pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) APBD 2020.

“Kita berharap, SK gubernur segera turun, sehingga kita dapat membentuk alat kelengkapan DPRD seperti Komisi, badan anggaran, badan legislasi, bdan kehormatan, serta alat kelengkapan lain. Dengan demikian, kita bisa bekerja secara maksimal,” kata Bagus Selo.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, empat partai politik pemilik kursi terbanyak di DPRD Karanganyar telah menentukan nama kadernya yang akan duduk di jajaran kursi pimpinan.

PDIP yang berhak mendudukkan kadernya di kursi ketua karena memiliki 13 kursi menunjuk Bagus Selo, yang saat ini menjadi Ketua Sementara DPRD Karanganyar.

Kemudian Partai Golkar yang memiliki 12 kursi menunjuk Anung Marwoko untuk duduk sebagai wakil ketua. Sedangkan dua partai lain yang memiliki masing-masing 5 kursi, yakni PKS dan PKB, menunjuk Rohadi Widodo dan Tony Hatmoko sebagai wakil ketua DPRD.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Jumali

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More