Rekomendasi

Keluarga Pejuang Veteran Sragen, Bertahun-tahun Tinggal di Gubug Reot

Minggu, 29 September 2019 : 16.14
Published by Hariankota
SRAGEN - Keluarga seorang veteran warga Taman Sari RT 36/15 Kroyo, Karangmalang, Sragen tidak kuasa menahan tangis, ketika anggota Koramil Karangmalang melakukan bedah rumah atas peninggalan Slamet Joyo Sumarto, ayahnya yang mantan pejuang, Minggu (29/09/2019) pagi.

Rumah berukuran kecil peninggaln Slamet tersebut, saat ini, ditempati anak keempatnya, yang bernama Suwarni bersama suaminya Hartono. Namun rumah yang ditempati tersebut jauh dari layak.

Komandan Koramil (Danramil) Kecamatan Karangmalang Kapten Cba Sugiono, kepada hariankota.com serta awak media lain, mengatakan rehab rumah veteran tersebut dilakukan karena merasa prihatin dengan keadaan keluarga yang merupakan salah satu pejuang tersebut.

Menurut Danramil, rehab rumah tersebut dilakukan bersama salah satu ormas di Sragen.

"Kita membantu melakukan rehab rumah keluarga veteran. Veteran adalah pejuang kemerdekaan, seharusnya veteran dan keluarganya bisa menikmati hidup yang layak sesuai jasanya kepada negara. Maka menjadi kewajiban kita semua untuk membantu beliau, kita," kata Danramil.

Dijelasakannya, saat ini, pembanguan kembali rumah mantan veteran tersebut dalam tahap pembongkaran.-Untuk proses pembangunan inti, akan dilakukan minggu kedua bulan Oktober 2019. Rehab rumah diharapkan selesai pada tanggal 28 Oktober 2019.

Sementara itu, Dandim 0725/Sragen Letkol Kav Luluk Setyanto mengatakan dana rehab RTLH tersebut adalah Kerjasama antara Kodim dan PLN Sragen dengan jumlah anggaran Rp 15 juta.

Proses rehab, kata Dandim, akan dilakukan dengan kerja bakti dengan mengerahkan Koramil serta warga sekitar, serta ormas.

"Kalau dilihat dari dana, mungkin tidak cukup untuk melakukan rehab rumah dengan ukuran 7x14 meter. Nmun bila dimaksimalkan penggunaanya Insyaallah cukup. Rehab ini bertujuan untuk menghormati jasa veteran yang telah berjuang untuk kemerdekaan," ujar Dandim.

Dandim berharap dengan dibedahnya rumah Hartono, tidak ada lagi keluarga veteran yang hidup di rumah yang tidak layak huni. Sementara itu, Hartono, mengaku terhari atas perhatian dari Dandim, Koramil serta warga atas kondisi mereka.

“Saya atas nama almarhum bapak dan seleuruh keluarga, hanya bisa mengucapkan terimakasih," kata Hartono, sambil meneteskan air mata.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More