Rekomendasi

Terdampak Polusi Pabrik Handuk, Warga Karanganyar Protes

Sabtu, 07 September 2019 : 22.24
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Warga Rt 04, serta warga Rt 05/Rw 08, Dusun Benowo, Desa Ngringo Kecamatan Jaten, mengeluhkan polusi asap batu bara PT Java Teks, salah satu perusahaan yang memproduksi handuk.

Selama 3 tahun terakhir, warga selalu disuguhi debu sisa pembakaran yang keluar dari cerobong asap pabrik. Upaya untuk menyelsaikan persoalan ini, warga bersama perusahaan melakukan pertemuan di ruang kantor kepala desa Ngringo, Sabtu (06/09/2019), petang.

Dalam pertemuan tersebut, juga dihadiri perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Karanganyar, kepala desa Ngringo, perwakilan dari Polsek serta Koramil Jaten.

Icuk (30) salah seorang warga mengatakan, selama beberapa tahun terakhir, polusi yang ditimbulkan sangat mengganggu warga dan sudah berlangsung lama.

Menurut warga berbagai upaya sudah dilakukan, namun tetap saja menimbulkan dampak yang tidak baik bagi warga. Icuk mengakui, jika perusahaan telah melakukan perbaikan, namun tidak ada perubahan.

“Kami sebenarnya tidak mau menang sendiri. Kami hanya ingin memberikan masukan dan meminta agar perusahaan memperbaiki saluran pembuangan sisa pembakaran sehingga tidak menimbulkan polusi yang dapat mengganggu warga.

Secara kasat mata, polusi yang ditimbulkan berupa debu, belum lagi yang kami hirup,” kata Icuk, Sabtu (06/09/2019).

Sementara itu, Yono, perwakilan dari DLH Karanganyar, mengatakan, akan menurunkan tim untuk melakukan pengecekan terhadap keluhan warga tersebut.

“Nanti kita akan menurunkan tim. Pada saat perusahaan beroperasi, apakah terjadi polusi atau tidak. Jika memang terjadi, maka kita akan memeberikan rekomendasi kepada perusahaan untuk dilakuan perbaikan,” jelasnya.

Disisi lain, Darmawan, salah satu perwakilan perusahaan, menjelaskan, pertemuan yang dilakukan hanya untuk bermusyawarah terhadap apa yang dikeluhkan warga.

“Kita hanya bermusyawarah. Kita mencari jalan tengah terbaik. Kami dari perusahaan juga tidak mengabaikan warga,” jelasnya singkat.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More