Rekomendasi

Tertibkan Pemakaian Listrik, PLN Turunkan Pasukan Khusus

Kamis, 19 September 2019 : 03.00
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Peringatan bagi pemakai daya listrik ilegal, diluar ketentuan. PLN melalui tim petugas khusus, Pemeriksaan, Pemakaian Tenaga Listrik ( P2TL) bakal menindak tegas untuk menertibkan.

Tim terdiri 6-7 orang ini bekerja dengan rutin melakukan patroli. Mereka bertugas merangkai kegiatan meliputi perencanaan, pemeriksaan, tindakan, dan penyelesaian terhadap instalasi pemakian tenaga listrik.

"Istilahnya, kalau di militer itu memiliki pasukan khusus. Nah, ini di PLN juga punya pasukan khusus, namanya P2TL," kata La Ode Lawati selaku Manager PLN UP3 Sukoharjo dalam kesempatan bertemu hariankota.com, Rabu (18/9/2019).

Tim perusahaan plat merah ini, keberadaanya ada di masing - masing area Unit Layanan Pelanggan (ULP), dimana untuk wilayah UP3 Sukoharjo ada tiga, Karanganyar, Wonogiri, dan Sukoharjo sendiri.

Diakui La Ode,hingga saat ini pihaknya masih menemukan perilaku pemakaian daya listrik secara ilegal diantaranya, dengan cara mensiasati peralatan milik PLN.

"Kami menghimbau kepada masyarakat, untuk tidak melakukan hal tersebut. Karena, disamping sangat merugikan PLN, perbuatan itu juga merugikan bagi konsumen itu sendiri," terangnya.

Instalasi arus listrik sudah didesign sedemikian rupa, sesuai tingkat yang diinginkan pelanggan. Jika pemakaiannya melebihi daya kapasitas dengan menggunakan cara ilegal, maka dapat menyebabkan konsleting, hingga memicu kebakaran.

"Untuk antisipasi, selain ada Tim P2TL, kedepan kami akan meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat. Tujuannya agar tidak melakukan pemakaian listrik secara ilegal," tandasnya.

Jurnalis: Sapto Nugroho
Editor: Rahayu

Share this Article :