Rekomendasi

Ungkap Kasus Narkoba, 1 DJ dan 9 Tersangka Lain Digelandang Polisi

Kamis, 19 September 2019 : 16.00
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Satresnarkoba Polres Sukoharjo menangkap 10 tersangka pelaku penyalahguna narkoba beserta sejumlah barang bukti, diantaranya berupa sabu dengan berat total sekira 69,35 gram.

Jumlah tersangka dalam kasus ini, seperti disampaikan Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi saat rilis, Kamis (19/9/2019), terbagi dua. 6 tersangka, dari hasil operasi antik, dan 4 lainnya dari non operasi antik.

"Mereka kami tangkap dari bulan Agustus sampai dengan awal September di beberapa lokasi wilayah hukum Polres Sukoharjo. 10 tersangka ini terbagi 8 kasus kejadian," jelasnya.

Tersangka hasil operasi antik terdiri, FD alias BG (43) warga Bendosari Sukoharjo, LH alias WRY (37) warga Sukoharjo, U alias Black (25) warga Baki Sukoharjo, PJ alias JBR (44) warga Baki Sukoharjo, SK alias Kelik alias Jack (27), dan PBK alias Badra (27) warga Pasar Kliwon Solo.

"Berdasarkan pemeriksaan, 4 orang adalah pengguna. Sedangkan 2 lainnya, yakni U alias Black, dan SK alias Jack dari pengembangan penyelidikan mereka adalah pengedar," terang Kapolres.

Saat ditanya latar belakang pekerjaan, U alias Black dengan ciri tatto hampir disekujur badan ini mengaku berprofesi sebagai Disc Jockey (DJ) pada sebuah tempat hiburan malam di Kota Solo.

"Sedangkan, hasil non operasi antik, RS (27) warga Kartasura Sukoharjo, S alias Gempol (42) warga Colomadu Karanganyar, As (50) warga Grogol Sukoharjo, dan K alias Tantuk (39) warga Mojolaban Sukoharjo.

Dari penangkapan non operasi antik ini didapat keterangan, tersangka RS merupakan kurir sedang 3 tersangka lainnya adalah pengedar. Puluhan paket sabu siap edar dengan nilai puluhan juta rupiah berhasil disita dari kasus ini.

"Dari pengakuan tersangka K alias Tantuk, pasokan sabu didapat dari seorang napi penghuni Lapas Wonogiri bernama Sogol. Ini membuktikan, bahwa informasi yang menyebut selama ini peredaran sabu dikendalikan dari lapas, benar adanya," ujar Kapolres.

Mengingat untuk melakukan operasi penggledahan di lapas perlu kerjasama lintas sektoral, maka Polres Sukoharjo akan melakukan koordinasi dengan Polda Jateng dan Kemenkumham.

Selain sabu, sejumlah barang bukti juga ikut diamankan polisi dari 10 tersangka ini diantaranya, 6 unit sepeda motor, 10 unit handphone, 2 timbangan digital, sejumlah plastik untuk membungkus paket sabu, bong alat hisap dan korek api.

Ditambahkan Kasatresnarkoba Polres Sukoharjo, AKP Agus Syamsudin, para tersangka terancam jerat pasal 114 (1) Jo Pasal 112 (1) Jo Pasal 127 huruf a UURI No. 35 Tahun 20019 tentang narkotika.

"Ancaman hukumannya penjara diatas 5 tahun," tandasnya kepada hariankota.com.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Jumali

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More