Rekomendasi

Dilantik, 55 Anggota DPRD Langsung Peroleh Gaji Perdana

Senin, 02 September 2019 : 23.02
Published by Hariankota
YOGYAKARTA - Pelantikan 55 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Daerah Istimewa Yogyakarta periode 2019-2024 digelar pagi tadi. Mereka langsung mendapat gaji begitu resmi menjadi legislator tingkat provinsi.

"Begitu resmi dilantik, langsung terima gaji pertama, baik yang baru maupun petahana," kata Anggota DPRD DIY Rani Widayati pada wartawan, Senin (2/9/2019).

Dasar penerimaan gaji, Surat Keputusan (SK) anggota dewan yang diterbitkan pada 26 Agustus 2019 lalu. Mustinya, penerimaan pada tanggal 1 September. Karena bertepatan dengan hari Minggu, maka penerimaan gaji ditunda sehari, tepat saat pelantikan.

"Jadi bukan karena belum bekerja terus gajian, tapi yang menjadi dasar ada Surat Keputusan Anggota Dewan pada 26 Agustus kemarin," kata mantan Wakil Ketua DPRD DIY Periode 2014-2019 ini

Politisi Golkar ini menyampaikan ada 29 anggota dewan pendatang baru. Sisanya, terdapat 26 anggota dewan petahana, termasuk dirinya. Terkait besaran gaji, Rani belum mengetahui secara rinci. Pengalamannya, ada beberapa komponen tunjangan.

Mulai dari uang paket untuk anggota dewan sebesar Rp 225.000, wakil ketua Rp 240.000, dan Ketua Rp 300.000. Kemudian tunjangan komunikasi intensif masing-masing Rp 15 juta dan tunjangan transportasi Rp 14 juta.

"Komponen lain yang diterima ada tunjangan besar dan tunjangan keluarga yang dihitung berdasarkan jumlah anggota keluarga anggota dewan," katanya.

Kepala Badan Penggelola Keuangan Aset (BPKA) DIY Bambang Wisnu Handoyo mengatakan, peneriman gaji anggota dewan sesuai dalam Peraturan Pemerintah No 18 tahun 2017.

Gaji perdana anggota dewan tidak diterima secara penuh, karena ada beberapa komponen tunjangan yang belum bisa dibayarkan.

"Komponen yang belum bisa dibayarkan seperti tunjangan alat kelengkapan dan tunjangan reses. Alat kelengkapan dewan belum terbentuk, reses juga belum dilakukan anggota dewan yang baru dilantik hari ini," katanya.

Untuk Pimpinan DPRD DIY Sementara, diraih oleh dua partai terbesar, yakni Nurhadi dari PDI Perjuangan dan Huda Tri Yudiana dari PKS. Tugas pimpinan sementara ini memimpin rapat, seperti pembentukan tata tertip DPRD DIY Periode 2019-2024, alat kelengkapan dewan, dan lainnya.

Sebagaiman diketahui, dari 55 kursi anggota dewan itu ada 17 kursi dari PDI Perjuangan.

Kemudian ada tujuh kursi dari masing-masing partai, yakni PKS, PAN, dan Gerindra. Untuk PKB ada enam kursi, Golkar mendapat lima kursi, Nasdem memperoleh tiga kurai, dan masing-masing satu kursi dari Demokrat, PPP, dan PSI.

Jurnalis: Danang Prabowo
Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More