Rekomendasi

25 Hektar Hutan Plalar Gunung Lawu Terbakar

Jumat, 25 Oktober 2019 : 19.55
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Hingga hari kelima terbakarnya hutan Lawu yang terjadi di petak 63 B Klas hutan RPH Tambak Lawu Utara, KPH Surakarta, petugas dari bebagai unsur teus berupaya memadamkan api yang membakar seluas 25 hektar hutan yang masuk Dusun Plalar, Desa Tengklik, Kec.Tawangmangu, Karanganyar.

Tidak diketahui secara pasti penyebab kebakaran hutan yang mulai membakar kawasan tersebut sejak tanggal 21 Oktber 2019 lalu. Api membakar tanaman pinus, acasia serta semak belukar.

Asisten Perhutani KPH Lawu Utara, Widodo, kepada wartawan, Jumat (25/10/2019) mengatakan, titik api pertama kali diketahui di kawasan hutan sekitar blok Bedali, Dusun Plalar.

Mengetahui ada titik api, jelas Widodo, tim yang terdiri dari Perum Perhutani, Polsek, Polres, Koramil, Kodim, LMDH, MPA BKSDA, MANTAP, PMI, LTC, MPA Rimba Lawu, SENKOM, Pemuda Pancasila, Tagana, BPBD, Dinas LHK, TAHURA dan masyarakat sekitar, terus berupaya memadamkan api dengan menggunakan peralatan seadanya.

Menurut Widodo, selain melakukan pemadaman, tim juga membuat ilaran (penyekat, red) agar api tidak terus membakar hutan. Upaya pemadaman teus menerus dilakukan, dengan melibatkan 60 personil yang melakukan pemadaman secara bergantian.

“Setelah melakukan pemadaman selama empat hari, api berhasil kita padamkan. Untuk kerugian, belum kita lakukan pendataan,” ujarnya.

Sementara itu, informasi yang dihimpun hariankota.com, titik api baru, muncul di pos 2 dan mulai naik ke pos 3 dan saat ini mulai menjalar ke pos 4 menuju puncak Lawu melalui pos pendakian Cetho.

Koordinator lapangan, Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Karanganyar, Nardi, menyatakan, api sudah sangat besar dan tidak mungkin dilakukan pemadaman secara manual.

“Kita tidak berani melakukan pemadaman, karena sangat beresiko. Api sudah sangat besar dan tidak bisa dilakukan pemadaman secara manual,” kata dia, Jumat (25/10/2019) sore.

Jurnalis : Iwan Iswanda
Editor : Mahardika

Share this Article :