Rekomendasi

6 Petugas Terjebak Asap Saat Padamkan Api di Gunung Argopuro

Rabu, 23 Oktober 2019 : 10.57
Published by Hariankota
JEMBER - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember berhasil menyelamatkan enam orang yang menjadi bagian dari tim penanganan kebakaran lahan yang sempat terjebak saat berusaha memadamkan kobaran api di Gunung Argopuro.

Keenam orang ini berhasil diselamatkan setelah mereka mengirimkan pertolongan melalui radio lantaran terjebak titik api sejak Selasa pagi (22/10/2019) pukul 10.00 WIB.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Jember Heru Widagdo mengatakan posisi keenamnya saat meminta pertolongan tengah menangani kebakaran di Gunung Argopuro yang terletak di perbatasan Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember Bondowoso, dan Situbondo.

"Mereka meminta pertolongan melalui radio saat terjebak asap di ketinggian 1.919 meter mdpl. Jadi mereka karena terjebak asap tidak bisa turun dan minta dijemput," ujar Heru melalui pesan singkatnya, Rabu pagi (23/10/2019).

Heru menambahkan keenamnya yakni Rezha, Juan, Farid, Gayug, Irfan, dan Bagus diketahui berada di Ketajek Desa Suci, Kecaman Panti, Kabupaten Jember, akhirnya berhasil diselamatkan.

Seluruhnya terjebak asap saat berupaya menangani api melalui jalur alternatif di Desa Suci, namun yang bersangkutan justru terjebak asap sehingga tidak bisa keluar.

"Kami berhasil menyelamatkan mereka tapi kondisinya ada empat orang mengalami dehidrasi berat, sedangkan dua orang lainnya masih sehat," imbuhnya.

Usai dievakuasi keenamnya dibawa ke Puskesmas Panti pada Selasa malam sekitar pukul 23.00 WIB untuk mendapat perawatan intensif. Hingga Rabu pagi keenamnya telah dinyatakan sehat dan diizinkan untuk pulang dari puskesmas.

Jurnalis: Miadaada
Editor: Gunadi

Share this Article :