Rekomendasi

Antisipasi Gejolak Jelang Pelantikan Jokowi - Ma'ruf Amin, Polisi Maksimalkan Peran Tiga Pilar

Jumat, 18 Oktober 2019 : 15.04
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Tinggal menghitung hari, pelantikan Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin bakal dilaksanakan di Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2020) mendatang.

Tak hanya di ibukota negara, peningkatan pengamanan juga dilakukan di Kabupaten Sukoharjo dengan melibatkan unsur Tiga Pilar yakni, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa/ Lurah.

Hal itu disampaikan Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas kepada seluruh unsur Tiga Pilar yang hadir dalam Do'a Bersama di Pendopo Graha Satya Praja komplek Setda Sukoharjo, Jum'at (18/10/2019).

"Kultur masyarakat saat ini secara umum ada sedikit perubahan, perlu dibangun agar dapat dijadikan satu persepsi. Oleh karenanya model tiga pilar ini perlu ditingkatkan," kata Kapolres.

Kepada hariankota.com, Kapolres menjelaskan, peran Tiga Pilar dalam menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif sangat penting. Salah satunya, mengurangi keacuhan dan sikap apatis masyarakat pada lingkungannya.

"Contohnya, mungkin di masyarakat, ada beberapa pemilik (rumah) kos, yang sekarang lupa bahwa kewajibannya melaporkan kepada Pak RTnya. Terkecilnya seperti itu," ujar Kapolres.

Harapannya, dengan peningkatan kewaspadaan di tingkat bawah melalui pengamanan swakarsa, wilayah Sukoharjo tetap aman dalam menyongsong pelantikan presiden dan wakil presiden.

Dalam gelar do'a bersama ini juga hadir Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, dan Wakil Bupati Sukoharjo Purwadi, Komandan Kodim 0726/Sukoharjo Letkol Inf, Chandra Ariyadi Prakosa, serta unsur Forkopimda.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor; Mahardika

Share this Article :