Rekomendasi

Bagikan Tas Kain, Puluhan Istri Dokter di Solo Kampanyekan Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik

Jumat, 25 Oktober 2019 : 20.00
Published by Hariankota
SOLO - Puluhan perempuan yang tergabung dalam Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Kota Solo, membagikan ribuan tas kain secara gratis kepada masyarakat pengunjung serta para pedagang di kawasan Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2019) pagi.

Kegiatan ini merupakan gerakan kampanye peduli lingkungan dari IIDI Kota Solo guna mengurangi penggunaan plastik.

Berbekal ribuan tas kain yang telah disediakan, puluhan istri dokter tersebut pun melakukan aksi blusukan ke dalam ke Pasar Gedhe Solo dan memberikan sosialisai kepada para pengunjung yang sedang membawa barang belanjaan dengan kantong plastik untuk diganti dengan tas kain tersebut.

Aksi IIDI Kota Solo itu pun mendapatkan respon yang positif dari sejumlah pedagang maupun pengunjung yang tampak senang hati memindahkan barang belanjaan mereka ke tas kain yang diterimanya.

“Setiap belanja selalu memakai kantong plastik. Bahkan sejak kecil selalu menggunakan kantong palstik dan langsung dibuang saja setelah dipakai. Saya sangat senang setelah diberi tas kain, barang belanjaan pun saya pindahkan semua.

Gerakan ini sangat bagus dan semoga terus berjalan,” ungkap Lusy (41), salah satu pengunjung asal Kelurahan Manahan, di salah satu pasar tradisional di Kota Solo itu.

Disampaikan Ketua IIDI Kota Solo, Sri Mulyaningsih Prasetyadi kepada hariankota.com di sela kegiatan tersebuat.

Selain Pasar Gede, kegiatan serupa juga dilakukan di Pasar Ledoksari, Jebres, Pasar Harjodaksino, Pasar Nongko dan Pasar Kadipolo. Pembagian tas tersebut merupakan rangkaian Kegiatan Bulan Bakti Istri Dokter 2019.

“Hari ini kita membagikan 1.000 tas kain dengan tujuan untuk merawat bumi kita dari sampah plastik. Karena menurut data internasional, Indonesia menempati peringkat kedua penghasil sampah plastik setelah China. Ini sangat mengkhawatirkan untuk kelangsungan generasi penerus bangsa,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ketua IIDI Kota Solo itu juga mengajak masyarakat serta pemerintah untuk turut serta dan terus menggaungkan kampanye gerakan tanpa plastik.

"Minimal masyarakat harus bisa mengurangi penggunaan plastik agar tidak timbul pencemaran. Masyarakat harus diajak untuk menggunakan tas belanja dari bahan kain, yang bisa digunakan terus," pungkasnya.

Jurnalis : Kacuk Legowo
Editor : Mahardika

Share this Article :