Rekomendasi

Diterjang Puting Beliung, Puluhan Rumah Warga Alami Kerusakan

Selasa, 29 Oktober 2019 : 20.18
Published by Hariankota
SUKOHARJO – Ratusan rumah dan satu sekolah mengalami kerusakan setelah diterjang puting beliung disertai turunya hujan deras di dua kecamatan wilayah Kabupaten Sukoharjo, Senin (28/10/2019) kemarin.

Data BPBD Sukoharjo menyebutkan sedikitnya 50 rumah warga di Kecamatan Mojolaban dan Kecamatan Polokarto, mengalami rusak ringan, sedang, hingga berat. Selain itu, ada satu sekolah dasar (SD) atapnya tertimpa pohon mangga.

Akibat kejadian, satu ruang kelas SDN 4 Joho tepatnya di kelas empat yang tertimpa pohon, terpaksa dikosongkan. Sebanyak 24 siswa, untuk sementara waktu, proses belajarnya dialihkan di ruang lain.

"Kemarin angin datangnya besar dan merobohkan pohon mangga hingga menimpa atap ruang kelas. Karena jumlah siswanya banyak, kami alihkan ke ruangan kelas dua," kata Luthfiyati Kamalia, salah seorang guru di SD tersebut kepada hariankota.com, Selasa (29/10/2019).

Selanjutnya untuk siswa kelas dua dan kelas satu oleh pihak sekolah, dijelaskan Luthfiyati dialihkan ke ruang perpustakaan.

Angin puting beliung, selain memporakporandakan rumah, ratusan pohon juga ikut bertumbangan di sepanjang jalan. Untuk kerusakan rumah yang paling parah hampir rata dengan tanah menimpa rumah warga di Desa Joho, Mojolaban.

Salah satunya, dapur rumah milik Marto Marimin (75) ambruk. Bahkan saat kejadian datangnya angin puting beliung, ada tiga orang yang tengah berada di dapur.

"Tiba-tiba angin datang disertai suara bergemuruh. Saya dan istri serta seorang cucu langsung berlari kedepan rumah dan berhasil menyelamatkan diri. Setelah itu, tahu - tahu dapur rumah saya roboh," ungkapnya.

Kepala BPBD Sukoharjo Sri Maryanto yang langsung turun bersama anggota dan dibantu relawan langsung turun melakukan pendataan dan evakuasi membersihkan sejumlah pohon tumbang .

Meski tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun kerugian yang ditimbulkan diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

"Yang pertama kami lakukan kemarin sore dan hari ini, memastikan tidak ada warga yang terluka. Selain itu, BPBD bersama relawan juga membuka akses jalan yang tertutup pohon tumbang," terangnya.

Korban angin puting beliung tersebar di 16 desa. Untuk Kecamatan Polokarto ada di desa Wonorejo, Bakalan, Godog, Mranggen, Jatisobo, Sedang Kecamatan Mojolaban di Desa Joho, Klumprit, Sapen, Wirun, Demakan, dan lain-lain," pungkasnya.

Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :