Rekomendasi

Festival Pengantin, Bali Tampilkan Gaun Madya Pakem

Sabtu, 05 Oktober 2019 : 20.51
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Sebanyak 14 gaun pengantin ditampilkan dalam festival pengantin nusantara yang digelar di De Tjolomadoe, Sabtu (05/10/2019). Dalam festival pengantin tersebut, juga ditampilkan salah satu pakaian pengantin Bali, Madya Pakem.

Selain gaun pengantin Bali, juga ditampilkan pakaian pengantin Solo Putri, Solo putri modifikasi, Jogja putri, Jogja paes ageng, Jogja paes ageng jangan menir, Jogja paes agung Gusti Pambayun, Sunda siger modifikasi, Lampung, Padang, gaun panjang, gaun berhijab, muslim non paes.

Bupati Karanganyar, usai membuka festival tersebut, mengatakan, ajang festival ini, dapat menjadi ajang kreatifotas dan berbagi ilmu antar perias pengantin di Karanganyar dan sekitarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Karanganyar, Titis Jawoto, kepada hariankota.com serta awak media lain, menyatakan festival Pengantin Nusantara 2019 menjadi rangkaian perayaan hari jadi Karanganyar ke 102 dengan tujuan untuk memperkenalkan riasan dan kostum pengantin yang berasal dari berbagai daerah kepada masyarakat.

Dan menjadi ajang kreatifitas para perias pengantin.

Menurut Titis, festival pengantin yang dimotori oleh himpunan rias pengantin cabang Karanganyar ini, baru pertama kali dilakukan, merupakan salah satu upaya untuk mendongkrak tingkat kunjungan wisata ke bumi Intanpari.

“Festival pengantin ini, merupakan yang pertama kali dilaksanakan di Karanganyar dan akan kita jadikan sebagai agenda tahunan Dinas Pariwisata sebagai upaya mendongkrak kunjungan wisatawan ke Karanganyar,” kata Titis.

Tidak tertutup kemungkinan, jelas Titis, festival pengantin selanjutnya, akan mengundang peserta dari negara lain, yang dikemas dalam festival pengantin internasional.

“Tahun depan akan kita kemas menjadi ajang intenasional dengan mengundang negara lain. Karena kebudayaan inilah yang menyatukan antar bangsa,” ujarnya.

Jurnalis: Iwan Iswanda
Editor: Rahayuwati

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More