Rekomendasi

Hadir di Pura Mangkunegaran, Presiden Jokowi Peringati 10 Tahun Hari Batik Nasional

Rabu, 02 Oktober 2019 : 13.35
Published by Hariankota
SOLO - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membatik bersama 500 pembatik profesional dan pelajar, memperingati Hari Batik Nasional dengan tajuk 'Membatik Untuk Negeri' di Pura Mangkunegaran, Solo, Rabu (2/10/2019).

Didampingi Ibu Iriana Joko Widodo, presiden yang datang sekira pukul 09.30 WIB langsung menjajal membatik diatas kain putih dengan goresan 'malam' (zat untuk membuat pola batik) disaksikan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan sejumlah tamu undangan.

"Kita semua merasa bangga ketika 10 tahun lalu, Unesco menetapkan batik sebagai warisan budaya Indonesia," kata Jokowi.

Pantauan hariankota.com, kepada para tamu di Pura Mangkunegaran, Jokowi mengaku senang bisa hadir membatik bersama, diantaranya dengan sejumlah siswa sekolah. Harapannya, ilmu pengetahuan tentang batik sebagai warisan budaya dapat terus ter-regenerasi.

"Saya tadi senang, anak - anak kita, mulai SD, SMP hingga SMA/SMK diajarkan membatik. Dibutuhkan dukungan semua pihak untuk mempertahankan batik yang telah ditetapkan oleh Unesco ini," ujarnya.

Selain membatik bersama Presiden Jokowi, acara yang diselenggarakan oleh Yayasan Batik Indonesia ini, juga menghadirkan puluhan stand Pasar Batik Rakyat, dan instalasi Seni Batik.

Di stand - stand ini, undangan yang hadir dapat berbelanja batik, mulai batik cap hingga batik tulis dengan harga bervariasi.

Sementara, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dalam sambutannya mengatakan, jika bicara batik, Indonesia merupakan super powernya. Mulai bayi lahir hingga dewasa, mereka secara turun temurun telah terbiasa mengenal batik.

"Betapa tahapan - tahapan itu dibuat dengan filosofi yang tinggi. Bahkan di tataran dunia, batik digaungkan terus menerus diantaranya batik juga dipakai Presiden Afrika Selatan, kala itu Nelson Mandela.

Hingga akhirnya, batik mengalami benturan teknologi, dan harus menyesuaikan dengan inovasi," kata Ganjar.

Usai meninjau satu - persatu stand, sekira pukul 11.30 WIB, Presiden beserta rombongan kemudian meninggalkan lokasi. Belum diketahui agenda pasti selanjutnya selama di Kota Solo.

Namun menurut jadwal, sebelum kembali terbang ke Jakarta, Presiden akan melakukan kunjungan tertutup ke Pabrik Tekstil Pan Brothers di Mojosongo, Boyolali.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Mahardika

Share this Article :