Rekomendasi

Hutan Gunung Lawu Terbakar, Api Terlihat di Pos 2

Selasa, 08 Oktober 2019 : 18.45
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Hutan Lawu yang berada di sekitar pos pendakian puncak gunung Lawu atau tepatnya yang berada di Petak 63 RPH Blumbang, Kecamatan Tawangamangu, Selasa (08/10/2019), sekitar pukul 07.15, terbakar.

Kapolres Karanganyar, AKBP Catur Gatot Efendi, melalui telepon selularnya, kepada hariankota.com mengatakan, titik api pertama kali diketahui oleh relawan Anak Gunung Lawu (AGL) yang saat itu, sedang melakukan pengamatan di Pos Cemoro Kandang.

Saat melakukan pengamatan, menurut Kapolres, para AGL ini, melihat kepulan asap di sekitar pendakian pos 2 menuju ke puncak Gunung Lawu. Mengetahui ada titik api, ujar Kapolres, tim relawan AGL, melaporkan ke Polsek Tawangmangu.

“Kami menerima laporan dari Polsek Tawangmangu jika terjadi kebakaran di Pos dua menuju pu puncak Lawu. Bersama TNI dari Kodim 0727, pemerintah kecamatan, para relawan, Perhutani, Satpol PP, BPBD, langsung menuju ke titik api untuk melakukan pemadaman,” kata Kapolres, Selasa (08/10/2019).

Dijelaskan Kapolres, untuk memadamkan api, tim hanya melakukan dengan peralatan seadanya, serta melakukan penyekatan agar api tidak menjalar ke lokasi lain.

“Alhamdulillah,setelah lima jam, api bisa dipadamkan,” ujarnya. Mengenai penyebab kebakaran, Kapolres mengungkapkan, diduga akibat sisa api pembakaran pembuatan arang.

“Dugaan api, berasal dari sisa pembakaran arang. Api kemudian membesar. Kami menghimbau kepada warga, saat melakukan aktifitas di gunung Lawu, agar behati-hati dan tidak meninggalkan sisa pembakaran,” tandas Kapolres.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :