Rekomendasi

Hutan Gunung Raung Terbakar, Diduga ada 7 WN Singapura yang Terjebak

Sabtu, 05 Oktober 2019 : 07.36
Published by Hariankota
BANYUWANGI - Kebakaran lahan menerjang kawasan puncak Gunung Raung yang berada di tiga kabupaten yakni Banyuwangi, Jember, dan Bondowoso. Titik api dilaporkan warga mulai terlihat sejak Jumat malam hingga Sabtu pagi ini.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Banyuwangi Eka Muharram mengatakan informasi awal adanya kebakaran hutan di Gunung Raung terjadi pada Jumat petang. Pihaknya telah melakukan pemantauan titik api dari pos pemantauan.

"Awalnya informasinya di Bondowoso, tapi memang terlihat di Banyuwangi. Terdapat sejumlah titik api dari pantauan satelit di Gunung Raung," ungkapnya.

Ia menambahkan spot yang terbakar berada di ketinggian dengan kategori sulit dipadamkan lantaran medan yang terjal dan jauhnya sumber air dari titik api.

"Yang terbakar di ketinggian yang cukup sulit dipadamkan. Sumber air juga jauh dari titik api, makanya kita kesulitan. Tapi kita tetap upayakan pemadaman manual dan melokalisasi titik api supaya tidak meluas," bebernya.

Namun Eka memastikan area yang terbakar berada jauh dari permukiman penduduk. "Kalau titik apinya jauh dari permukiman penduduk. Jaraknya sekitar 10 kilometer," lanjutnya.

Sementara itu, akibat kebakaran ini 13 pendaki, 7 di antaranya warga negara Singapura dilaporkan masih berada di atas Gunung Raung. Tim evakuasi gabungan dari BPBD, Polisi, TNI, SAR, dan relawan lainnya telah bergerak menuju atas untuk melakukan evakuasi kepada pendaki.

Jurnalis: Miadaada
Editor: Gunadi

Share this Article :