Rekomendasi

Jelang Pelantikan Jokowi - Ma'ruf Amin, Kagama Tasyakuran di Pasar Gede

Kamis, 17 Oktober 2019 : 15.41
Published by Hariankota
SOLO - Sedikitnya 7 tumpeng dipersembahkan Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) Soloraya, dalam tasyakuran 'umbul donga' (mata air do'a) menyambut pelantikan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024.

Pantauan hariankota.com, acara yang berlangsung di Pasar Gede Solo, Kamis (17/10/2019) ini, mendapat sambutan meriah dari pedagang pasar, serta sejumlah warga yang kebetulan berada dilokasi.

Koordinator acara, Titik Marminah menyampaikan, sebagai bagian dari alumni UGM, pastinya sangat senang ada sesama alumni UGM yang menjadi presiden dua periode.

"Kagama patut mensyukurinya dengan menggelar tasyakuran secara sederhana, bersama alumni UGM lainnya yang ada di Soloraya. Mereke terlibat langsung dalam kegiatan ini," terangnya.

Usai dibacakan do'a, 7 tumpeng yang sudah disiapkan, kemudian dipotong dan dibagi - bagikan kepada warga.

“Tujuh tumpeng bermakna, Jokowi adalah presiden RI ke-7. Pitu ( bahasa Jawa 7) berarti 'pitulungan' (pertolongan). Kemudian bentuk kerucut dapat diartikan sebagai harapan agar hidup selalu sejahtera dan sebagai simbol pengharapan," ujarnya.

Bentuk kerucut itu juga menurut Titik, juga sebagai simbol puncak do'a. Kagama punya harapan besar di era kepemimpinan Jokowi dua periode ini untuk bisa menjadikan rakyat sejahtera.

Salah satu warga, Muh Sobirin (60) asal Sragen yang kebetulan sehari - hari mengais rejeki bekerja sebagai pengayuh becak di Pasar Gede mengaku senang Jokowi segera dilantik.

“Saya, sebagai warga sudah selayaknya menyambut suka cita atas dilantiknya presiden dan wakil presiden. Ini momen yang paling kita tunggu-tunggu bersama,” tuturnya.

Terlepas masih ada yang kurang, Sobirin yakin akan dapat dituntaskan pada periode kepemimpinan Jokowi di periode kedua ini. Selain itu, dia juga berharap, sebelum dan sesudah pelantikan, situasinya tetap berjalan kondusif.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Jumali

Share this Article :