Rekomendasi

Mahasiswa S2 STMIK Eresha Perkenalkan Google Classroom di SMK 2 Sasmita Jaya Pamulang

Rabu, 09 Oktober 2019 : 20.48
Published by Hariankota
TANGSEL - Mahasiswa S2 STMIK Eresha kembali memberikan pengabdiannya kepada masyarakat. Kali ini SMK 2 Sasmita Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel) jadi target transfer ilmu mahasiswa S2 STMIK Eresha, Rabu (9/10/2019).

Dalam workshop yang digelar pada Selasa (8/10/2019) kemarin, para guru diperkenalkan dengan program google. Program itu seperti google classroom yang diperkenalkan agar pengelolaan kegiatan belajar mengajar dikelas antara guru dan murid tidak terbatas waktu.

Menurut narahubung, Suwarjono menyampaikan, penerapan google classroom yang diperkenalkan kepada guru SMK 2 Sasmita Pamulang, diharapkan dapat berjalan tanpa pembatas.

Pengenalan google classroom dimaksudkan agar pengelolaan kegiatan belajar mengajar dikelas dengan sistem digitalisasi dapat berkembang.

"Pembelajaran online mengunakan google classroom agar siswa bisa belajar melalui smartphone, sehingga interaksi antara guru dan murid tidak dibatasi ruang dan waktu belajar. Kapan saja dan dimana pun saja proses belajar digital ini akan tetap berjalan,"jelas Suwarjono.

Selain google classroom, program membuat absensi digital dengan google form sebagai bentuk digitalisasi pencatatan kehadiran siswa dikelas juga diperkenalkan dalam workshop tersebut.

Salah satu pemateri Dyah Ayu Mumpuni menyampaikan, dalam Google classroom ada juga program absensi digital melalui google form yang harus dapat diterapkan kepada guru.

Alasannya, google form tersebut, kata Dyah, dapat mengurangi manual proses dan pemanfaatan kertas dalam proses belajar mengajar. "Penerapan google form dapat mengurangi manual proses dan pemanfaatan kertas," kata Dyah Ayu Nurmumpuni.

Selain itu, terdapat program lain dari google yang terus ditransfer mahasiswa S2 STMIK Eresha kepada guru di SMK 2 Sasmita Pamulang. Program itu seperti google slide serta google doc.

Pemateri Saeful Bahri, dalam menyampaikan Google doc melalui program workshop PKM tampaknya menjadi daya tarik para guru untuk mencoba mendalami program google classroom.

Selain Saeful Bahri sebagai pemateri Google doc, terdapat pemateri lain yang disampaikan mahasiswa S2 STMIK Eresha, yang disampaikan Agus dan Jheny dalam workshop PKM di SMK 2 Sasmita Pamulang.

Dalam workshop itu terdapat materi yang disampaikan seperti penerapan digitalisasi pembuatan soal, penyerahan tugas dan penilaian tugas yang dinilai menjadi salah satu proses belajar mengajar melalui dunia digital.

Editor: Rahayuwati

Share this Article :