Rekomendasi

Senior Golkar Dukung Pelengseran Haryadi

Sabtu, 26 Oktober 2019 : 20.52
Published by Hariankota
YOGYAKARTA - Persaudaran Pemuda Golkar mengelar diskusi bertema 'Menatap Golkar DIY Pasca Pileg 2019' di Kurnia Village Restaurant, Jalan Adisucipto Ngentak No 6 Caturtunggal, Depok, Sleman.

Diskusi bersama sejumlah senior Golkar DIY itu membahas banyak hal. Salah satunya terkait kepemimpinan Haryadi Suyuti yang dinilai gagal dalam menjalankan tugas sebagai Ketua DPD I Partai Golkar DIY.

Bahkan, PPG menyatakan secara lantang agar Haryadi Suyuti yang juga menjabat sebagai Wali Kota Yogyakarta itu mundur dari Ketua Golkar DIY sebelum musyawarah nasional yang bakal digelar bulan Desember 2019 nanti.

"Kami pernah didatangi orang dekat beliau yang menyatakan siap mundur setelah Munas," kata Koordinator PPG Yogyakarta, Hasan Saifullah pada wartawan, Sabtu (26/10/2019).

Namun, PPG tetap konsisten sejak awal, yakni meminta Haryadi untuk turun sebelum Munas digelar. Pihaknya memberi batas waktu hingga November supaya Haryadi mundur secara kesatria karena gagal menjalankan mesin partai.

Sekretaris Dewan Pertimbangan DPD Partai Golkar DIY, FX Soedardi secara tegas mendukung aspirasi dari kalangan pemuda partai ini. Namun, harus ada langkah konstitusi untuk mencapai tujuan itu.

Saat mendapat giliran pertama menyampaikan pandangan, sesepuh Golkar DIY cukup lantang menyampaikan pandangannya di era kepemimpinan Haryadi di Partai Golkar DIY.

"Mau ambyar atau tidak, saya sering emosi sendiri saat melihat Golkar DIY sekarang," katanya sambil berdiri penuh semangat.

Ia merasa bahagia bisa berdikusi dengan anak-anak muda yang punya pemikiran maju demi Partai Golkar DIY, setelah kehilangan tiga kursi DPRD DIY pada Pemilu Legislatif 2019, dari delapan kursi tinggal lima kursi.

"Bertemu Adik-adik, saya merasa bahagia sekali di sini," katanya.

Ia sempat bertanya-tanya sendiri karena tidak ada kabar dari PPG DIY yang terdengar. Ia menduga upaya melengserkan Haryadi dari kalangan pemuda golkar tidak ada kelanjutannya.

"Iki adem ayem opo wes tiarap kabeh, ternyata salah. Saya seribu persen dukung kalian," katanya mendapat sambutan hangat.

Senada disampaikan Ketua DPD II Partai Golkar Kota Yogyakarta. Menurutnya, selama kepemimpinan Haryadi di partai Golkar menuju titik terendah.

"Ini (kepemimpinan Haryadi di Golkar DIY) terjelek dari sebelum-sebelumnya," katanya.

Senior yang juga menjadi unsur pimpinan di DPD Golkar DIY John S Keban juga hadir dalam kesempatan ini. Begitu juga Sekretaris DPD Golkar DIY Agus Subagyo menghadiri diskusi ini.

"Persoalan dalam organisasi itu hal yang biasa terjadi. Tuntutan pada Ketua DPD (supaya lengser) itu aspirasi," kata John S Keban.

Terpenting, kata dia, segala upaya harus sesuai aturan yang ada. Kader partai Golkar, harus bisa menyelesaikan masalah dengan memberi solusi, bukan menambah masalah baru muncul.


Jurnalis: Danang Prabowo
Editor: Gunadi



Share this Article :