Rekomendasi

11 Bulan Musnahkan 183 Sarang Tawon Vespa, Damkar Surakarta Tak Sembarang Libatkan Relawan

Kamis, 28 November 2019 : 17.33
Published by Hariankota
SOLO - Beberapa waktu terakhir, populasi tawon vespa affinis atau lebih dikenal masyarakat dengan sebutan tawon ndas di sejumlah wilayah, meningkat. Tak terkecuali di Kota Solo. Seperti halnya diungkapkan oleh pihak Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Surakarta.

Dalam kurun waktu 11 bulan selama tahun 2019, petugas Damkar Kota Surakarta telah memusnahkan sebanyak 183 sarang tawon vespa di lima kecamatan.

“Sepanjang bulan Januari hingga November 2019 ini, kami telah memusnahkan sebanyak 183 sarang tawon yang tersebar di lima kecamatan,” terang Kepala Damkar Kota Surakarta, Gatot Sutanto kepada hariankota.com, Kamis (28/11/2019).

Lebih lanjut, Gatot menambahkan, keterbatasan personil serta minimnya pengalaman sejumlah relawan yang terlibat dalam penanganan, terkadang masih dirasa menjadi kendala di lapangan.

“Kami perlu melibatkan sukarelawan dalam menangani pemusnahan sarang tawon. Namun, masih minimnya pengalaman bagi sukarelawan juga menjadi salah satu kendala” paparnya.

Menangani pemusnahan sarang tawon vespa tidak bisa dilakukan sembarangan, apalagi tanpa dibekali kemampuan serta keterampilan yang memadai. Sebab, menurut Gatot, hal itu dapat beresiko fatal bahkan hingga bertaruh nyawa.

“Kami tidak berani melibatkan sukarelawan yang belum berpengalaman. Atas dasar itu kita harapkan adanya pelatihan bagi sukarelawan supaya mereka juga mengetahui bagaimama cara memusnahkan sarang tawon vespa dengan benar,” tandas Gatot.

Jurnalis: Kacuk Legowo

Editor: Gunadi

Share this Article :