Rekomendasi

24 Mahasiswa Thailand Kuliah Public Speaking for Tourism di UVBN Sukoharjo

Sabtu, 09 November 2019 : 16.27
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Sebanyak 24 mahasiswa asal Thailand yang tengah menempuh studi di sejumlah Perguruan Tinggi yang ada di Sukoharjo mengikuti kuliah tentang bagaimana menjadi pemandu wisata profesional atau Public Speaking for Tourism yang digelar Universtas Veteran Bangun Nusantara (UVBN) Sukoharjo.

Wakil Rektor III UVBN, Dr. Sodikin, MT menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya kampus agar lebih dikenal oleh mahasiswa asing yang saat ini tengah berada di Sukoharjo maupun daerah lain disekitarnya.

"Kebetulan mahasiswa asing yang ikut ini masih lingkup di Perguruan Tinggi Solo Raya yaitu, IAIN, UMS serta dari UVBN sendiri. Harapan kami ketika mereka kembali ke negaranya akan ingat kampus ini. Ilmu public speaking ini bermanfaat digunakan di negaranya," kata Sodikin kepada hariankota.com usai membuka perkuliahan, Sabtu (9/11/2019).

Dalam kuliah ini, materi yang disampaikan oleh salah satu dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UVBN, Sulis Setiyono, S.Pd, M.Hum, seputar bagaimana berbicara di depan umum spesifik tourism public speaking di dunia Pariwisata.

"Jika ingin menjadi guide harus memiliki komunikasi yang baik, tidak hanya bisa berbahasa Inggris atau bahasa luar seperti bahasa arab, cina dan sebagainya," terangnya.

Menurutnya, komunikasi itu ada feedback atau umpan balik antara guide sebagai pembicara dan wisatawan sebagai costumer rombongan wisatawan. Ada interaksi pertanyaan-pertanyaan yang membutuhkan kemampuan atau skill guna menunjang komunikasi yang baik.

"Kuliah disampaikan dua sesi yaitu, pemaparan materi teknik menjadi profesional guide dan sesi ke dua praktik. Sehingga mahasiswa memiliki kemampuan tidak sebatas ilmu saja tetapi kemampuan pendukung lain berupa pengetahuan umum agar bisa mengatasi masalah hal-hal tidak terduga, seperti jika ada yang sakit bagaimana mengatasinya," pungkasnya.

Jurnalis : Sapto

Editor : Mahardika

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More