Rekomendasi

Bangun Kemitraan Agar Tercapai SDGs 2030

Rabu, 13 November 2019 : 21.06
Published by Hariankota
YOGYAKARTA - Rencana pembangunan jalan tol yang melintas wilayah Yogyakarta diprediksi akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Pembangunan infrastruktur jalan itu akan dibarengi pembangunan fisik lainnya.

"Aerotropolis mulai dibangun, wisata dibangun. Saya yakin Yogyakarta nanti di atas rata-rata nasional pertumbuhan ekonominya," kata Budi Wibowo, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemda DIY, Rabu (13/11/2019).

Hal itu disampaikan dalam Seminar Nasional membangun kemitraan untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainabel Developmen Goals (SDGs).

Acara yang dihelat PTT Exploration and Production (PTTEP) Indonesia dan Program Pascasarjana MM-Sustainability Universitas Trisakti ini di Hotel Marriot Yogyakarta.

SDGs merupakan rencana aksi global yang disepakati para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan, dan melindungi lingkungan. Terdapat 17 tujuan dan 169 target yang diharapkan bisa terwujud di tahun 2030 nanti.

"SDGs tidak bisa terwujud hanya dilakukan pemerintah, tapi perlu kolaborasi semua pihak untuk mewujudkan," kata Afiat Djajanegara, General Affairs Manager PTTEP.

Seminar ini, kata dia, hanya sebagai pematik dalam membina relasi antar pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, swasta, LSM/NGO hingga individu maupun kelompok di masyarakat mengingat pentingnya menjaga kemitraan.

Dalam seminar itu dibahas beragam cara dalam membangun kemitraan. Baik pada level individu, kelompok, perusahan hingga pemerintahan. Kemitraan harus terus dibangun hingga beragam ide, gagasan, program bisa terealisir dan berjalan hingga mandiri.

Sebagaimana diketahui, angka kemiskinan di Yogyakarta cukup tinggi dibanding daerah lain. Bahkan, lebih tinggi dari rata-rata nasional. Meski demikian, angka harapan hidup di Yogyakarta justru lebih tinggi dibanding daerah lainnya. (*)

Jurnalis : Danang Prabowo
Editor : Mahardika

Share this Article :